Puluhan Rumah Rusak, Pohon Bertumbangan

Puluhan Rumah Rusak, Pohon Bertumbangan
Puluhan Rumah Rusak, Pohon Bertumbangan

jpnn.com - YOGYAKARTA - Hujan deras disertai angin kencang menyebabkan puluhan rumah rusak dan pohon tumbang di Bojonegoro, Jawa Timur dan Kota Yogyakarta sepanjang Senin (21/11).

Menurut Juru Bicara Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, peristiwa di Tambakrejo, Bojonegoro terjadi sekitar Pukul 15.00 WIB.

Hujan deras disertai angin kencang mengakibatkan setidaknya 10 rumah warga rusak berat, 25 unit rumah rusak sedang dan 68 unit rusak ringan. 

"Kerugian ekonomi masih dilakukan penghitungan. Korban jiwa nihil. BPBD Bojonegoro bersama Damkar, Muspika dan kepala desa melaksanakan pendataan dan pembersihan pohon yang tumbang di jalan," ujar Sutopo, Senin malam. 

Sementara itu, di Yogyakarta, hujan deras dan angin kencang kata Sutopo, setidaknya mengakibatkan sejumlah pohon tumbang di 25 lokasi berbeda. Antara lain di Jalan Janti. Kemudian Kelurahan Mergangsan, Jalan Batikan, Jalan Cendana dan Jalan Panembahan.

"Pohon tumbang juga terjadi di depan pintu masuk Pasar Giwangan. Depan SPBU Gambiran, pohon tumbang mengenai jaringan kabel listrik PLN. Sementara di Jalan Sisingamangaraja, pohon tumbang mengganggu akses jalan," tutur Sutopo merinci. 

Saat ini kata Sutopo, kebutuhan mendesak yang diperlukan adalah terpal. Mengingat ada rumah warga yang atapnya rusak atau hilang.

"Masyarakat diimbau waspada terkait ancaman angin puting beliung yang makin meningkat. Peluang terjadinya hujan lebat terjadi hingga Maret 2017. Hati-hati saat parkir di lapangan. Hendaknya tidak di bawah pohon atau papan reklame yang besar saat melakukan aktivitas," pesan Sutopo.(gir/jpnn)


YOGYAKARTA - Hujan deras disertai angin kencang menyebabkan puluhan rumah rusak dan pohon tumbang di Bojonegoro, Jawa Timur dan Kota Yogyakarta sepanjang


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News