Puluhan SMA Kekurangan Siswa Baru

Puluhan SMA Kekurangan Siswa Baru
Puluhan SMA Kekurangan Siswa Baru
SERANG–Puluhan Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri di Kabupaten Serang kekurangan siswa baru. Dari target penerimaan siswa baru SMA sembilan rombongan belajar (Rombel), hanya beberapa SMA saja yang bisa memenuhi target. Itu terjadi karena siswa baru kebanyakan memilih masuk ke Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) ketimbang SMA. SMA yang kekurangan siswa itu di antaranya SMAN 1 Anyar, SMAN 1 Pontang, SMAN 1 Tirtayasa, dan SMAN 1 Kibin.

“SMA yang mencapai target cuma SMAN 1 Ciruas. Kalau SMAN 1 Anyar dari target sembilan Rombel, baru ada enam Rombel. Kalau SMAN 1 Pontang dan SMAN 1 Tirtayasa hanya pas-pasan, enam Rombel,” kata Kepala Seksi Kurikulum SMA/SMK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Serang, Dedi Rohendi, Rabu (10/7).

Menurut Dedi, dirinya belum bisa memastikan penyebab adanya SMA negeri di Kabupaten Serang yang daya tampung siswa barunya tak terpenuhi. SMA atau SMK negeri idealnya per tahun ajaran menerima sembilan Rombel dengan jumlah siswa per Rombel 36 orang.

“Belum kita analisis faktornya, apakah karena adanya tambahan sekolah atau apa,” katanya seraya mengatakan di Kabupaten Serang ada 26 SMA negeri dan 10 SMK negeri.

SERANG–Puluhan Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri di Kabupaten Serang kekurangan siswa baru. Dari target penerimaan siswa baru SMA sembilan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News