Puluhan TKA China Lolos Masuk Indonesia saat PPKM Level 4, Ternyata Ini Alasannya

Puluhan TKA China Lolos Masuk Indonesia saat PPKM Level 4, Ternyata Ini Alasannya
Dirjen Imigrasi jelaskan alasan 34 TKA China bisa masuk ke Indonesia pada masa PPKM. Ilustrasi. (ANTARA/Ardika)

jpnn.com, JAKARTA - Pihak Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi Kemenkumham membenarkan masuknya puluhan WNA asal China melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada Sabtu (7/8) dini hari.

Alasannya, para tenaga kerja atau TKA asal China yang berjumlah 34 orang itu sudah mengantongi dokumen Izin Tinggal Terbatas (Itas).

"Mereka juga sudah memenuhi aturan Satgas Penanganan COVID-19," ujar Kepala Bagian Humas dan Umum Ditjen Imigrasi Arya Pradhana Anggakara melalui keterangan tertulis di Jakarta, Minggu (8/8).

Dia menjelaskan puluhan TKA asal Negeri Tirai Bambu itu juga telah mendapat rekomendasi untuk diizinkan masuk dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Soekarno-Hatta.

Menurut Angga, WNA asal Republik Rakyat Tiongkok (RRT) itu tiba di Bandara Soekarno-Hatta dengan menumpang pesawat Citilink kode penerbangan QG8815.

Pesawat itu membawa sebanyak 37 penumpang yang terdiri dari 34 WNA China dan tiga orang lainnya WNI. Selain itu, terdapat 19 awak alat angkut yang semuanya warga Indonesia.

"Mereka telah lolos pemeriksaan kesehatan oleh KKP Soekarno-Hatta, lalu diberi rekomendasi untuk diizinkan masuk Indonesia," ucap Angga.

Dia memastikan seluruh WNA asal China tersebut masuk dalam kategori orang asing yang diizinkan sesuai Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Nomor 27 Tahun 2021.

Puluhan TKA China itu lolos masuk Indonesia melalui Bandara Soekarno-Hatta saat pelaksanaan PPKM Level 4 pada Sabtu (7/8) dini hari.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News