Puluhan Ton Ikan Sitaan KKP Dibagikan ke Warga

Puluhan Ton Ikan Sitaan KKP Dibagikan ke Warga
Puluhan Ton Ikan Sitaan KKP Dibagikan ke Warga

jpnn.com - BANDUNG - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) membagikan ikan hasil sitaan kepada masyarakat. Salah satunya sitaan seberat 48,8 ton ikan beku jenis makarel untuk masyarakat Jawa Barat.

Penyerahan ini dilakukan secara simbolis kepada Wakil Gubernur Jabar Deddy Mizwar di Pusat Dakwah Islam, Kota Bandung, Jumat (4/11). 

Ikan-ikan tersebut didistribusikan kepada masyarakat yang terdiri dari pondok pesantren, panti asuhan, rumah sakit, sekolah, yayasan, dan Badan Amil Zakat Nasional di seluruh Jabar.

Kepala Badan Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu Keamanan KKP Rina mengatakan, ikan yang dibagikan merupakan hasil dari penggagalan penyelundupan yang dilakukan importir. Ikan-ikan tersebut didominasi dari Jepang dan Korea. 

Modus penyelundupannya adalah pemalsuan izin dilihat dari jumlah maupun jenis ikan.

"Pada waktu lalu kami berhasil menggagalkan penyelundupan ikan makarel. Itu ada 11 kontainer bersama teman dari bea cukai," kata Rina.

Program inipun sejalan dengan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemar Ikan) yang juga digagas KKP.

Pembagian ikan ini diharapkan menjadi pemicu agar masyarakat Indonesia bisa meningkatkan konsumsi ikan.

BANDUNG - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) membagikan ikan hasil sitaan kepada masyarakat. Salah satunya sitaan seberat 48,8 ton ikan beku

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News