Puncak Arus Balik, 269 Ribu Kendaraan Diperkirakan Masuk Jakarta

Puncak Arus Balik, 269 Ribu Kendaraan Diperkirakan Masuk Jakarta
Polda Metro Jaya memperkirakan puncak arus balik Lebaran 2022 ke arah Jakarta terjadi pada Minggu, (8/5). Ilustrasi: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Polda Metro Jaya memperkirakan puncak arus balik Lebaran 2022 ke arah Jakarta terjadi pada Minggu, (8/5).

"Puncak arus balik diprediksi akan terjadi pada H+5 atau pada 8 Mei 2022 yaitu sebesar 269 ribu kendaraan atau naik lima persen dari 2019," ungkap Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan dalam keterangannya, Kamis (5/5).

Kombes lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) 1995 itu memperkirakan berdasarkan data yang dihimpun pihaknya akan ada dua juta kendaraan yang kembali ke Jakarta hingga H+10 Lebaran. 

Jumlah kendaraan tersebut mengacu pada empat gerbang tol (GT) yang akan dilalui.

"Prediksi jumlah kendaraan yang kembali ke Jakarta melalui empat gerbang tol utama (Cikupa, Ciawi, Cikatama, Kalitama,red) pada H+2 sampai H+10 adalah 2 juta kendaraan," ujar Zulpan.

Kabid Humas asal Kota Pinang, Sumatera Utara itu menambahkan angka tersebut mengalami kenaikan 0,6 persen dari arus balik Lebaran pada 2019.

"Naik 34,7 persen dari situasi normal atau naik 0,6 persen dari realisasi Lebaran 2019," tuturnya.

Zulpan juga mengingatkan Gerbang Tol Cikampek Utama (Cikatama) menjadi area yang diprediksi paling banyak dilalui kendaraan yang kembali ke Jakarta.

Polda Metro Jaya memperkirakan puncak arus balik Lebaran 2022 ke arah Jakarta terjadi pada Minggu, (8/5).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News