Puncak Arus Balik Lebaran, Menhub Budi: Terkendali dengan Baik

Puncak Arus Balik Lebaran, Menhub Budi: Terkendali dengan Baik
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan tidak ada kepadatan pada puncak arus balik lebaran Idulfitri. Ilustrasi: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan tidak ada kepadatan pada puncak arus balik H+8 pada lebaran Idulfitri, Senin (1/5).

Dia mengatakan arus puncak arus balik kedua itu terpantau ramai lancar dan terkendali.

"Arus balik masih terkendali dengan baik dengan adanya contra flow serta one way. Kondisi di jalan relatif landai," ujar Menhub Budi dalam siaran persnya, Senin.

Sebelumnya, Menhub sempat memantau pergerakan kendaraan yang melewati jalur tol maupun arteri dari Jakarta hingga Cirebon melalui udara .

Selain itu, juga memimpin rapat terkait operasional pengendalian lalu lintas di Kantor Jasa Marga, Gerbang Tol Cikampek Utama KM 70.

"Sekalipun terjadi kenaikan pemudik yang tinggi, kecepatan kendaraan saat ini lebih baik dibanding tahun lalu," ungkap Menhub.

Berdasarkan data Jasa Marga, kecepatan rata-rata pada jalur Cawang sampai Semarang (KM 3-KM 414) pada arus mudik 2023 adalah 72,8 km/jam lebih cepat 15,9 persen dibanding arus mudik 2022 yang hanya 62,8 km/jam.

Dari sisi waktu tempuh, pada arus mudik 2023 ini menjadi hanya 6 jam 4 menit (tanpa berhenti) atau lebih cepat 14 persen terhadap rata-rata arus mudik 2022, yakni 7 jam 2 menit.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan tidak ada kepadatan pada puncak arus balik lebaran Idulfitri.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News