Puncak Arus Balik, Menhub Imbau Gunakan Jalur Pantura

Puncak Arus Balik, Menhub Imbau Gunakan Jalur Pantura
Jalur Pantura di wilayah Tegal, Jawa Tengah, Senin (19/6) yang sudah dipadati kendaraan pemudik. Foto: Teguh Mujiarto/radartegal.com

jpnn.com, PEKALONGAN - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan Pekalongan akan menjadi titik fokus perhatian puncak arus balik Natal dan Tahun Baru yang diprediksi jatuh pada hari ini, Senin (1/1).

Hal ini disampaikan Budi usai memantau dari udara arus balik Angkutan Natal dan Tahun Baru lintas Semarang-Pekalongan, Minggu, (31/12).

“Kami ke Pekalongan untuk memastikan arus balik ke Jawa Barat dan ke Jakarta lancar. Kami memang identifikasi di Pekalongan ada sedikit hambatan. Tadi saya diskusi dengan Bupati Batang, Kadishub, dan Dirlantas Polda Jawa Tengah. Hasilnya kami memberikan kewenangan kepada Dishub dan Dirlantas untuk mengatur,” ujar Budi.

Untuk penggunaan jalan tol, dia mengimbau agar melihat situasi terkini supaya tidak terjebak kemacetan. Selain itu, Budi juga menyarankan agar masyarakat menggunakan jalur pantura.

“Jadi ada beberapa alternatif apakah menggunakan jalan tol, tetapi mungkin saya sarankan kalau melihat situasinya cukup jalan pantura saja. Jadi skenarionya bisa contra flow, bisa juga jalan ini kami jadikan satu arah. Cukup menggunakan jalan pantura saja, karena dari Korlantas Polri kalkulasi mobil yang balik ke Jakarta tinggal 20 persen. Tanggal 26 Desember 2017 masih 60 persen, sekarang tinggal 20 persen. Jadi kami pikir tidak akan terlalu banyak,” sebutnya.

Namun agar terhindar dari macet, mantan dirut AP II ini menyarankan pemudik pulang pada 2 Januari 2018.

Sedangkan untuk kendaraan berat, Budi meminta Dishub dan Dirlantas untuk mengatur dan melarang kendaraan berat melintas di jalan pantura Pekalongan mulai Pukul 06.00 WIB pada 1 Januari 2018 sampai dengan pukul 06.00 WIB pada 2 Januari 2018.(chi/jpnn)


Untuk penggunaan jalan tol, Budi mengimbau agar selalu melihat situasi terkini supaya tidak terjebak kemacetan.


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News