Puncak Arus Mudik Lebaran 2019: Jakarta - Probolinggo 20 Jam

Puncak Arus Mudik Lebaran 2019: Jakarta - Probolinggo 20 Jam
Suasana kemacetan dan antrean kendaraan di Tol Jakarta Cikampek menuju gerbang tol Cikampek Utama. Foto: Amjad/JPNN

jpnn.com, PROBOLINGGO - Arus mudik Lebaran 2019 di Tol Trans Jawa pada pada 1 dan 2 Juni terpantau sangat padat.

Sepanjang perjalanan dari Jakarta sampai ke ujung tol Trans Jawa di Probolinggo, JPNN merasakan kepadatan yang luar biasa.

Titik kemacetan yang pertama terjadi di sekitar KM 50 sampai dengan Gerbang Tol Cikampek Utama.

Antrean yang mengular itu, membuat waktu tempuh perjalanan dari Jakarta untuk masuk ke Tol Cipali, mencapai enam jam. Biasanya, paling lama ialah 3 jam.

Selanjutnya, sepanjang tol Cipali sampai sampai ke arah Pejagan, perjalanan begitu padat. Ada titik-titik tertentu yang membuat kendaraan melambat bahkan berhenti karena adanya rest area yang dipakai pemudik.

Di sini, jalur oneway yang mulai diterapkan oleh pengelola jalan tol dan kepolisian, benar-benar bisa memaksimalkan laju kendaraan pemudik.

Kendati demikian, kemacetan tetap terasa terutama di titik pertemuan, yakni di KM 262 di Brebes. Dari jalur one way kemudian menjadi dua lajur, berdampak pada kemacetan panjang mulai dari KM 250. Karena itu, pihak kepolisian sempat membuat jalur one way lebih panjang.

Tujuannya, memecah kemacetan. Sistem one way sempat diberlakukan sampai dengan Semarang. Sebelum masuk tol Semarang-Salatiga.

Kepadatan arus mudik lebaran 2019 terjadi di Tol Trans Jawa pada tanggal 1 dam 2 Juni 2019, waktu tempuh Jakarta Probolinggo 20 jam.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News