Puncak Mudik Diprediksi H-3 dan H-2

Pemerintah Jamin Stok BBM

Puncak Mudik Diprediksi H-3 dan H-2
MASIH LENGGANG. Pemudik yang melewati jalan tol Palikanci Cirebon masih lenggang. Foto: Dedi Haryadi/Radar Cirebon
JAKARTA - Arus mudik lebaran tahun 2012 sudah mulai terjadi sejak akhir pekan lalu. Pemerintah memprediksikan, puncak arus mudik akan terjadi pada H-3 dan H-2 lebaran, yakni 16 dan 17 Agustus.

"Diperkirakan puncaknya pada Kamis dan Jumat," kata Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Suroyo Alimoeso seusai sedang kabinet parpurna di Kantor Presiden, kemarin (13/8). Sidang kabinet yang dipimpin Presiden Susilo Bambang Yudhoyono itu memang khusus kesiapan menghadapi arus mudik dan lebaran.

Namun, menurut Suroyo mengatakan, puncak tersebut diperkirakan tidak terjadi pada angkutan laut. Sebab arus penumpang sudah mulai sejak H-15. "Jadi mungkin yang peak itu ada di darat, kereta api, dan udara," katanya.

Salah satu kepadatan untuk angkutan darat, kata dia, adalah penggunaan sepeda motor dan mobil pribadi. Untuk sepeda motor diperkirakan mengalami kenaikan 6,6 persen dari jumlah tahun yang 2,3 juta pemudik.

JAKARTA - Arus mudik lebaran tahun 2012 sudah mulai terjadi sejak akhir pekan lalu. Pemerintah memprediksikan, puncak arus mudik akan terjadi pada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News