Pungli di Kemenhub untuk Urus Lisensi Pelaut dan Izin Kapal

Pungli di Kemenhub untuk Urus Lisensi Pelaut dan Izin Kapal
Ilustrasi. Foto dok JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengatakan operasi tangkap tangan (OTT) berhasil dilakukan berdasarkan koordinasi dengan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya.

‎"Jadi dari Mabes Polri dan Polda Metro Jaya buat tim gabungan. Ada informasi Kemenhub soal praktik pungli berjalan cukup lama dari kementerian. Polda dan Mabes Polri langsung membentuk tim untuk penyelidikan," kata Tito di Kemenhub, Jakarta Pusat, Selasa (11/10).

Para oknum Kemenhub, kata Tito, meminta pungutan liar terhadap pihak yang mengurus segala hal tentang izin kelautan, lisensi pelaut, dan kapal.

Tito menerangkan, aksi pungli ini sendiri dibantu oleh calo atau perusahaan yang bergerak dalam bidang kelautan.

"Yang terjadi untuk mempercepat segala urusan. Mereka yang mengurus harus mempersiapkan sejumlah uang. Ukuran panjang kapal, berat, ada juga perjanjian bendera kapal. Itu setiap item yang diurus oleh Kemenhub ada angkanya untuk dibayar. Ada juga untuk buku pelat. Ini kasihan nelayan menggunakan kapalnya harus bayar tambahan," kata Tito.(Mg4/jpnn)

 


JAKARTA - Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengatakan operasi tangkap tangan (OTT) berhasil dilakukan berdasarkan koordinasi dengan Menteri Perhubungan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News