Punya KEK Mandalika, Kaum Tua dan Muda NTB Demam Pariwisata

Punya KEK Mandalika, Kaum Tua dan Muda NTB Demam Pariwisata
Ilustrasi Mandalika. Foto: Dedi/Lombok Post/JPNN

jpnn.com, LOMBOK - Citra pariwisata Nusa Tenggara Barat (NTB) terus menunjukkan tren yang positif sejak kawasan ekonomi khusus (KEK) Mandalika diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Pencapaian demi pencapaian terus diraih NTB baik kalangan tua dan muda sekarang sudah terkena "demam" pariwisata, yang berujung pada peningkatan kunjungan wisatawan nusantara (wisnus) dan wisatawan mancanegara (wisman).

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Nusa Tenggara Barat (NTB) Lalu Abdul Hadi Faishal mengatakan, pencapaian apik sektor pariwisata NTB yang mulai dikenal wisawatan, dimulai dari Kementerian Pariwisata (Kemenpar) di bawah komando Arief Yahya yang menjadikan Mandalika salah satu dari 10 destinasi prioritas. Hal itu membuat NTB terus menjadi pembicaraan para travellers baik domestik maupun mancanegara.

"Ada tiga momentum strategis pariwisata yang berhasil dilakukan NTB sehingga berhasil meningkatkan kunjungan wisatawan. Sekarang semua lapisan masyarakat baik yang tua dan muda makin optimis pariwisata NTB akan mensejahterakan," ujar Hadi, Jumat (17/11).

Ketiga momentum itu ialah peringatan Hari Pers Nasional (HPN) dan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) pada 2016, serta peresmian kawasan ekonomi khusus (KEK) Mandalika pada Oktober 2017. Bahkan, ketiga perhelatan akbar ini dihadiri langsung oleh Presiden Jokowi.

"Yang masih hangat, ialah peresmian KEK Mandalika, di mana Jokowi menyempatkan diri ngevlog bersama Gubernur NTB TGH Muhammad Zainul Majdi di Pantai Kuta Mandalika yang menjadi lokasi utama dari kawasan yang digadang-gadang sebagai The Next Nusa Dua," ujar Hadi.

Hadi menilai, kesuksesan tiga acara besar itu terbukti menyedot perhatian publik tentang potensi wisata NTB, khususnya di Pulau Lombok. Langkah cerdik memanfaatkan momentum ini merupakan kepiawaian yang kongkrit dari Pemprov NTB yang dengan apik berkolaborasi dengan Kemenpar dalam pengembangan sektor pariwisata.

"Keseriusan Pemprov NTB didukung Kemenpar begitu terlihat dalam pengembangan pariwisata, dengan memberikan dukungan besar, baik dari sisi promosi maupun penguatan destinasi," cetus Hadi.

KEK Mandalika ini digadang-gadang bakal menjadi langkah awal dari serangkaian program besar dalam rangka mewujudkan pariwisata Indonesia yang kuat, sekaligus memberikan efek kesejahteraan bagi masyarakat setempat.

Citra pariwisata Nusa Tenggara Barat (NTB) terus menunjukkan tren yang positif sejak kawasan ekonomi khusus (KEK) Mandalika diresmikan Presiden Joko Widodo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News