PUPR Targetkan Rehabilitasi Jaringan Irigasi DI Glapan Rampung 2023

PUPR Targetkan Rehabilitasi Jaringan Irigasi DI Glapan Rampung 2023
Kementerian PUPR menargetkan rehabilitasi jaringan irigasi DI Glapan rampung di 2023. Foto: Kementerian PUPR

jpnn.com, GROBOGAN - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat merehabilitasi jaringan irigasi di Daerah Irigasi (DI) Glapan, Kabupaten Grobogan dan Demak, Jawa Tengah.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyampaikan rehabilitasi jaringan irigasi di DI Glapan merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) mendukung program Ketahanan Pangan Nasional.

"Pembangunan bendungan harus dibarengi dengan pembangunan jaringan irigasinya sehingga bendungan-bendungan yang dibangun dengan biaya besar dapat langsung memberikan manfaat yang nyata bagi masyarakat petani,” ujar Basuki.

Luas areal layanan DI Glapan sesuai Permen PUPR No.14/PRT/2015 adalah 18.740 hektare yang terdiri dari intake kiri untuk DI Glapan Barat (10.113 hektare), dan intake kanan untuk DI Glapan Timur (8.671 hektare).

Rehabilitasi jaringan irigasi DI Glapan sudah dimulai sejak 2018 dengan target penyelesaian di 2023.

Pekerjaan rehabilitasi jaringan irigasi DI Glapan direncanakan dituntaskan melalui multiyears contract (MYC) 2021-2023.

Rehabilitasi Bendung Glapan yang diikuti dengan jaringan irigasinya ini dapat meningkatkan luas areal tanam di Jawa Tengah sebagai salah satu provinsi lumbung padi nasional.

Efisiensi saluran irigasi yang sebelumnya, berupa saluran tanah (efisiensi air 60 persen) akan ditingkatkan menjadi saluran pasangan (efisiensi air 80 persen).

Rehabilitasi jaringan irigasi DI Glapan diharapkan dsapat meningkatkan produksi padi di Jawa Tengah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News