Pupuk Kaltim Gelar Pelatihan Daur Ulang Pembuatan Eco Enzyme & Maggot

Pupuk Kaltim Gelar Pelatihan Daur Ulang Pembuatan Eco Enzyme & Maggot
Pupuk Kaltim menggelar sosialisasi dan pelatihan daur ulang sampah untuk pengurus Bank Sampah binaan, di unit TPST Bessai Berinta Kelurahan Bontang Kuala, Jumat (7/10). Foto dok PKT

jpnn.com, BONTANG - PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) menggelar sosialisasi dan pelatihan daur ulang sampah untuk pengurus Bank Sampah binaan, di unit TPST Bessai Berinta Kelurahan Bontang Kuala, Jumat (7/10).

SVP Teknologi Pupuk Kaltim Heri Subagyo, menjelaskan kegiatan ini sebagai salah satu upaya dalam menekan penumpukan sampah di Kota Bontang, yang setiap harinya berpotensi memunculkan pencemaran dan penyakit jika tidak ditangani dengan baik.

Kegiatan yang digelar di gedung Koperasi Karyawan Pupuk Kaltim ini menggandeng Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bontang.

Melalui kegiatan ini, masyarakat diharapkan memaksimalkan peran pengelolaan sampah organik maupun anorganik mulai lingkup rumah tangga, dengan melakukan pemilahan jenis sampah hingga daur ulang secara sederhana.

Salah satunya pemanfaatan sampah organik menjadi Eco Enzyme, yang bisa digunakan kembali menjadi pembersih pestisida pada sayuran dan buah-buahan.

"Selain itu, sisa bahan organik juga bisa dimanfaatkan untuk budidaya black soldier fly dan maggot, yang sangat berpotensi dikembangkan guna mendapatkan manfaat secara ekonomi oleh masyarakat," ujar Heri.

Dirinya menegaskan program ini akan terus dikembangkan Pupuk Kaltim.

Baik berupa infrastruktur, peningkatan kapasitas pengelola bank sampah dan masyarakat, hingga pendampingan tata kelola secara kelembagaan.

Melalui pelatihan ini Pupuk Kaltim berkomitmen tinggi membantu pemerintah dan masyarakat dalam penanggulangan sampah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News