Selasa, 18 Juni 2019 – 17:48 WIB

Pushidrosal Gelar Survei Hidro-Oseanografi di Perairan Temajuk, Nih Tujuannya

Rabu, 15 Mei 2019 – 11:30 WIB
Pushidrosal Gelar Survei Hidro-Oseanografi di Perairan Temajuk, Nih Tujuannya - JPNN.COM

jpnn.com, TEMAJUK - Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI AL (Pushidrosal) selama 50 hari menggelar operasi survei dan pemetaan hidro-oseanografi di perairan Temajuk, Kalimantan Barat.

Selain untuk pengembangan pangkalan TNI AL, survei ini juga dipergunakan untuk memutakhirkan Peta Laut Indonesia (PLI) No. 282 serta Informasi Publikasi Nautika lainnya.

BACA JUGA: Viral! Buaya Muara Bikin Heboh, Prajurit Lanal Cilacap Langsung Bergerak

Kapushidrosal Laksamana Muda TNI Dr. Harjo Susmoro menyampaikan Tim survei Pushidrosal berjumlah 15 personel di bawah pimpinan Mayor Laut (P) Deirus Rizki Khair ini bertugas melaksanakan Operasi Survei Hidro–Oseanografi. Survei ini meliputi pengumpulan, pengolahan dan penyajian Data Hidro–Oseanografi di perairan Temajuk, Kalimantan Barat.

“Survei ini bertujuan untuk menyiapkan pengembangan fasilitas pelabuhan yang ada di Pos Angkatan Laut (Posal) Temajuk dan data yang dihasilkan untuk update Peta Laut Indonesia dalam rangka menjamin keselamatan pelayaran di perairan tersebut,” kata Kapushidrosal.

Selama pelaksanaan survei, tim melakukan kegiatan meliputi pengambilan data kedalaman (pemeruman), pencitraan dasar laut, verifikasi Sarana Bantu Navigasi Pelayaran (SBNP), pemasangan stasion pasang surut, pengukuran arus, pengukuran ketebalan sedimentasi, pengambilan contoh dasar laut, pengamatan meteorologi, verifikasi toponimi serta pengumpulan data geografi maritim.

Survei juga menekankan pada pentingnya akurasi data alur pelabuhan untuk menunjang perekonomian nasional khususnya dalam mewujudkan konektivitas dan terbangunnya infrastruktur untuk mendukung visi Poros Maritim Dunia (PMD).

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar