Puso, Takut Warga Kelaparan

Puso, Takut Warga Kelaparan
Puso, Takut Warga Kelaparan
BIMA--Kekhawatiran warga bakal mengalami kelaparan mulai muncul menyusul kegagalan panen (puso) yang terjadi di Kecamatan Soromandi dan sebagian wilayah Donggo, NTB. Kegagalan panen paling parah terjadi di Desa Kananta, Punti dan Bajo.

"Saya khawatir dengan kondisi gagal panen seperti itu, warga akan mengalami kelaparan. Karena  lahan yang ada di Desa Bajo dan wilayah Kecamatan Donggo dan Soromandi hanya satu kali tanam dalam setahun. Lahan yang kita miliki pada umumnya tadah hujan. Sehingga hanya sekali tanam setahun,’’ ujar Sekretaris Desa Bajo, Abdul Karim.

Dijelaskan, puso akibat curah hujan yang rendah. Akibatnya, ribuan hektar lahan pertanian warga Kecamatan Soromandi dan sebagian wilayah Donggo mengalami gagal panen.Di Desa Bajo sendiri tercatat sekitar 1.800 lahan tegalan milik warga setempat yang ditanami Padi dan Kacang Kadelai tidak bisa di panen, karena bulirnya kosong.  Itu terjadi, karena hujan tidak turun sejak bulan Pebruari lalu, disaat tanaman padi dan kacang kedelai masih membutuhkan air.

Menurut Abdul Karim, di Desa Bajo sendiri ada sekitar 2.000 hektar tanaman Padi dan Kacang Kedelai milik masyarakat yang mengalami puso. "Kalaupun ada yang dipanen  hanya sekitar 10 persen,’’ ujarnya.

BIMA--Kekhawatiran warga bakal mengalami kelaparan mulai muncul menyusul kegagalan panen (puso) yang terjadi di Kecamatan Soromandi dan sebagian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News