Puti Si Cucu Bung Karno Pengin Pacu Bandara di Jatim

Puti Si Cucu Bung Karno Pengin Pacu Bandara di Jatim
Puti Guntur Soekarno (tengah, depan) berkunjung ke Kabupaten Banyuwangi. Foto: for JPNN.com

jpnn.com, BANYUWANGI - Kandidat Wakil Gubernur Jawa Timur Puti Guntur Soekarno berkunjung ke Banyuwangi akhir pekan ini. Wanita berusia 46 tahun ini langsung terkesan dengan Bandara Banyuwangi yang didesain dengan terminal hijau pertama di Indonesia.

Tiba di kabupaten yang terletak di ujung timur Pulau Jawa tersebut, Sabtu (27/1) pagi, Puti disambut para kader partai pengusung, relawan, dan komunitas perempuan dan anak muda.

Puti Si Cucu Bung Karno Pengin Pacu Bandara di Jatim

 

“Bandara ini kebanggaan kami. Berkat bandara ini, arus wisatawan meningkat pesat, ekonomi bergerak. Nama Banyuwangi terangkat,” kata Ketua DPRD Banyuwangi, Made Cahyana yang juga Ketua PDI Perjuangan setempat.

Pasangan calon Gubernur Saifullah Yusuf (Gus Ipul) itu didaulat berfoto di depan bandara. “Pengalaman Banyuwangi menunjukkan pembangunan bandara telah berdampak langsung membuka keterisolasian, mempercepat akselerasi ekonomi. Ujung-ujungnya rakyat diuntungkan,” tutur Puti.

Bandara Banyuwangi beroperasi pada 2010 di era Bupati Azwar Anas menjabat. Hingga 2017, lonjakan penumpang mencapai 1.400 persen. Terminal bandara ini dibangun ramah lingkungan, tanpa AC kecuali bagian tertentu.

Tahun 2018, penumpang di Bandara Banyuwangi diperkirakan tembus 250.000 orang seiring rencana penambahan frekuensi dan pembukaan rute internasional. “Bupati Anas menunjukkan upaya keras dalam pembangunan infrastruktur, terbukti menuai hasil nyata, sehingga kemiskinan di sini turun, pendapatan per kapita rakyat melonjak. Gubernur dan Wakil Gubernur lima tahun ke depan harus lebih progresif mempercepat infrastruktur di Jatim,” ucap dosen tamu di Asia Jepang Research Center, Kokushikan University Jepang yang identik dengan penampilan energik dan segar ini.

Bersama Gus Ipul, Puti Guntur Soekarno ingin meningkatkan infrastruktur bandara di Sidoarjo, Malang, Sumenep, Jember, Banyuwangi, dan yang dibangun di Kediri.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News