Putra Menyebut Mas Nadiem Punya Banyak Terobosan, Salah Satunya soal Guru Honorer

Minggu, 18 April 2021 – 11:54 WIB
Putra Menyebut Mas Nadiem Punya Banyak Terobosan, Salah Satunya soal Guru Honorer - JPNN.com
Mendikbud Nadiem Makarim. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Politikus PDIP Perjuangan Putra Nababan menilai, Nadiem Makarim selama menjadi mendikbud telah berhasil membuat sejumlah gebrakan fenomenal.

Salah satunya Kampus Merdeka yang menurut Putra sangat diperlukan para mahasiswa untuk mempersiapkan diri di dunia pekerjaan dan wirausaha.

Terobosan Nadiem lainnya adalah rekrutmen 1 juta guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di tahun 2021 yang tujuannya antara lain menyelesaikan masalah guru honorer. Ini menjadi kado manis bagi para tenaga pengajar honorer di Indonesia. 

"Saat ini, dunia pendidikan sedang menjalankan uji coba pembelajaran tatap muka di sekolah. Menurut saya ini adalah arahan presiden yang dijalankan dengan baik oleh Mas Menteri dan jajarannya," kata Putra, Sabtu (17/4).

Anggota Komisi X DPR RI ini menambahkan, bila Nadiem masih dipercaya Presiden Joko Widodo menjadi Mendikbudristek, itu artinya mantan bos Gojek itu dianggap mampu menerjemahkan dan menjalankan Nawacita Presiden Jokowi.

Putra menilai, selama ini Nadiem mau mendengar aspirasi rakyat yang disampaikan lewat suara DPR. Dia mencontohkan, di masa pandemi Covid-19, Komisi X DPR RI banyak sekali memberikan masukan kepada Kemendikbud yang mendapat tanggapan positif dari Menteri Nadiem. 

Seperti  relaksasi dana BOS di tahun anggaran 2020. Dengan relaksasi tersebut maka terjadi fleksibilitas dan otonomi penggunaan dana BOS yang pada  akhirnya bisa disesuaikan dengan kebutuhan sekolah termasuk untuk meningkatkan kesejahteraan guru honorer. 

Dia menyebutkan, salah satu hasil serap aspirasi masyarakat yang disuarakan DPR RI adalah subsidi kuota data internet untuk mendukung belajar dari rumah bagi murid, mahasiswa, guru, dan dosen, yang telah dijalankan oleh Mendikbud Nadiem. 

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...