PWI Gelar Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2021 Bertema Harapan dan Semangat

PWI Gelar Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2021 Bertema Harapan dan Semangat
Ketua Umum PWI Pusat Atal S Depari. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat menggelar kompetisi jurnalistik bergengsi di Indonesia yaitu Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2021 yang mengangkat tentang Semangat dan Harapan.

Seluruh wartawan media cetak, siaran televisi, dan radio, serta media siber di Indonesia diharapkan bisa mengirimkan karya jurnalistik terbaik untuk ajang Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2021.

PWI Pusat membuka tahapan pendaftaran dari 11 September 2021 hingga batas akhir November 2021.

Ketua Panitia Tetap Anugerah Jurnalistik Adinegoro Rita Sri Hastuti mengatakan pihaknya sengaja berbicara harapan dalam tema Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2021. Sebab, situasi pandemi Covid-19 yang masih melanda tanah air membuat sebagian besar masyarakat merasa putus harapan.

Karya jurnalistik pun diharapkan bisa memberi inspirasi dan membangkitkan semangat akan membantu banyak orang untuk berani menggapai harapan.

"Dalam harapan terdapat kekuatan yang membuat kita berjuang untuk mencapai suatu keberhasilan dan mematahkan segala rintangan, sedangkan semangat adalah alat yang diperlukan untuk mencapai harapan. Semangat ini terinspirasi dari pemikiran tokoh pers Indonesia yang menjadi nama penghargaan ini, Adinegoro," papar Rita Sri Hastuti.

Adinegoro di dalam bukunya Falsafah Ratu Dunia menekankan bahwa pers mempunyai hubungan sangat erat dengan masyarakat. Pasalnya, pers berperan penting mencatat hingga memublikasikan berbagai informasi yang dapat membentuk pendapat publik.

"Wartawan melalui kelembagaan persnya berperan penting membangun semangat dan harapan masyarakat dalam menjalani kehidupannya," imbuh Rita Sri Hastuti mengutip.

PWI Pusat menggelar lomba jurnalistik bergengsi di Indonesia, yaitu Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2021 bertema Semangat dan Harapan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News