Raja & Sultan Madura Minta Ganjar Fasilitasi Anak Muda Untuk Lestarikan Adat dan Budaya

Raja & Sultan Madura Minta Ganjar Fasilitasi Anak Muda Untuk Lestarikan Adat dan Budaya
Kegiatan silaturahmi Dinasti Nusantara bersama para raja dan sultan di Madura sebagai bentuk dukungan kepada Ganjar Pranowo. Dok: Sukarelawan Ganjar.

jpnn.com, BANGKALAN - Sukarelawan Ganjar Pranowo bernama Dinasti Nusantara bersilaturahmi dan berdiskusi bersama para raja, sultan, dan tokoh masyarakat adat se-Madura, Sabtu (21/10).

Forum silaturahmi dan diskusi tersebut digelar di Aula Hotel Syariah Bangkalan, Kecamatan Bangkalan, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur (Jatim) dalam rangkaian acara Festival Adat dan Budaya Madura (FABM).

Kedatangan Dinasti Nusantara untuk memperkenalkan sosok Ganjar Pranowo sebagai calon presiden sekaligus menyerap aspirasi para raja-sultan dan tokoh masyarakat adat yang tergabung dalam Dinasti Madura.

Salah satu aspirasi datang dari Raden Bambang Sutrisno Suroadipringgo asal Keraton Mandala Keratuan Sembilangan. Bambang mengatakan saat ini anak-anak muda perlu mendapatkan akses terbaik untuk melestarikan adat dan budaya.

“Ke depannya barangkali bisa dijadikan untuk penyemangat bagi kaum muda-mudi dan penerus dari trah kerajaan-kerajaan yang ada di Nusantara ini, khususnya untuk peningkatan ekonomi yang ada di Madura,” kata dia.

Lewat pelestarian adat dan budaya itu, Bambang juga ingin Ganjar memantik semangat generasi penerus kerajaan untuk terus memegang teguh nilai-nilai luhur sehingga bisa menebarkan manfaat di masa mendatang.

“Untuk pelestarian adat Madura ini ke depannya saya harap lebih sering berkontribusi karena semakin tergerus ini zamannya, semakin disisihkan. Ke depannya bisa diaktifkan kembali biar dirapatkan kembali,” kata Bambang.

Dalam kesempatan itu raja-sultan hingga tokoh masyarakat adat se-Madura dikenalkan dengan sosok Ganjar Pranowo yang punya garis keturunan dari keluarga kerajaan di wilayah Sunda dan Jawa.

Sejumlah raja dan sultan di Madura berharap Ganjar Pranowo bisa memfasilitasi anak muda supaya melestarikan adat serta budaya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News