Rakernas Minta Megawati Berhitung soal Deklarasi Capres PDIP

Utamakan Konsolidasi Sebelum Deklarasi

Rakernas Minta Megawati Berhitung soal Deklarasi Capres PDIP
Rakernas Minta Megawati Berhitung soal Deklarasi Capres PDIP

jpnn.com - JAKARTA - PDI Perjuangan melalui rapat kerja nasional (Rakernas) III di Ancol, Jakarta yang berakhir hari ini, meminta ketua umumnya, Megawati Soekarnoputri agar mencari momentum tepat untuk mengumumkan pasangan calon presiden dan wakil presiden yang diusung kader banteng pada Pilpres 2014. Dalam rekomendasi hasil Rakernas itu, PDIP meminta Megawati berhitung betul soal kesiapan dan konsolidasi partai sebelum mendeklarasikan capres untuk Pilpres mendatang.

"Rakernas III PDIP merekomendasikan kepada ketum DPP PDIP agar pasangan presiden dan wapres disampaikan pada momentum yang sesuai dengan dinamika politik, kesiapan jajaran internal partai dan kepentingan ideologis partai," kata Ketua Dewan Pimpinan Pusat PDIP, Puan Maharani saat membacakan rekomendasi Rakernas III PDIP di Ecovention, Ancol, Jakarta, Minggu (8/9).

Ia menambahkan, PDIP telah menyiapkan kepemimpinan nasional transformatif dalam rangka menghadapi tantangan politik, ekonomi, sosial yang tidak ringan. Karenanya, figur yang akan diusung nanti harus mampu menghadapi situasi krisis akibat melemahnya kedaulatan nasional, ketergantungan terhadap impor, dan meningkatnya konflik sosial.

"Selain memenuhi aspek ideologis, pasangan capres dan cawapres yang akan diusung PDIP harus mecerminkan kemampuan pengelolaan pemerintahan negara, yang secara konsisten memegang prinsip haluan pemerintahan negara sebagaimana digambarkan dalam Pancasila dan UUD 1945," kata Puan.

Lebih lanjut dipaparkannya, kualifikasi kepemimpinan nasional juga harus didukung oleh kemampuan manajemen pemerintahan yang handal dan memiliki agenda transformasi kepimpinan nasional. "Guna mewujudkan kedaulatan politik dan ekonomi bangsa," kata Puan. (gil/jpnn)


JAKARTA - PDI Perjuangan melalui rapat kerja nasional (Rakernas) III di Ancol, Jakarta yang berakhir hari ini, meminta ketua umumnya, Megawati Soekarnoputri


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News