Rakor Bakohumas Pusat: Bersinergi Sukseskan Pilkada Serentak 9 Desember 2015

Rakor Bakohumas Pusat: Bersinergi Sukseskan Pilkada Serentak 9 Desember 2015
Kepala Pusat Penerangan Kementerian Dalam Negeri Dodi Riyadmadji (berdiri) saat Rapat Koordinasi (Rakor) Bakohumas Pusat, di Kantor Pusat Kementerian Dalam Negeri, Jl. Medan Merdeka Utara, No. 7, Jakarta Pusat, 13 Oktober 2015. Foto: Puspen Kemendagri

jpnn.com - UNTUK menyukseskan pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2015, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) telah menugaskan para Gubernur, Bupati, dan Walikota untuk memberikan dukungan optimal kepada KPU/Bawaslu Provinsi dan KPU/Panwaslu Kabupaten/Kota selaku Penyelenggara Pilkada, serta mendukung pengawalan situasi keamanan selama tahapan pelaksanaan Pilkada.

”Perlu sinergitas antar Kementerian/Lembaga. Komunikasi harus cair, cepat, dan efektif, mulai dari tingkat bawah hingga tingkat atas,” ujar Kepala Pusat Penerangan Kementerian Dalam Negeri Dodi Riyadmadji dalam sambutannya pada Rapat Koordinasi (Rakor) Bakohumas Pusat, beberapa waktu yang lalu, di Kantor Pusat Kementerian Dalam Negeri, Jl. Medan Merdeka Utara, No. 7, Jakarta Pusat.

Hal tersebut, kata Dodi, untuk menjawab masalah-masalah yang terjadi di lapangan dengan cepat dan tepat. Apalagi saat ini telah terjadi gejala kekisruhan di beberapa daerah, seperti pembakaran Kantor KPU di Kabupaten Ketapang dan Kabupaten Timor Tengah Utara.

Untuk itu, Dodi meminta agar egoisme sektoral harus dihilangkan, karena Pilkada Serentak bukan cuma hajatan milik Kementerian Dalam Negeri sebagai unsur pemerintah ataupun KPU sebagai penyelenggara, tapi milik semua pihak.

”Pilkada Serentak adalah tanggung jawab kita bersama,” ujar Dodi di hadapan pejabat dan staf dari Kementerian/Lembaga anggota Bakohumas Pusat.

Lebih lanjut, Dodi menambahkan, Humas memiliki peran yang sangat strategis, yakni sebagai lalu lintas informasi antara pemerintah dengan masyarakat. Diharapkan, program dan kebijakan yang dilahirkan pemerintah dapat disebarluaskan kepada masyarakat, agar dimengerti dan dipahami dengan baik.

”Begitupun dengan suasana kebatinan agar dapat ditangkap dengan cermat oleh Humas untuk menjadi input, yang kemudian dapat dirumuskan menjadi sebuah policy (kebijakan) baru oleh pengambil kebijakan,” ujar alumnus Universitas Gadjah Mada ini.

Sementara itu, Kepala Bagian Perencanaan Direktorat Jenderal Otonomi Daerah, Herbert Siagian menyampaikan, Kementerian Dalam Negeri telah menyiapkan beberapa strategi untuk menyukseskan Pelaksanaan Pilkada Serentak 9 Desember 2015.

UNTUK menyukseskan pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2015, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) telah menugaskan para Gubernur, Bupati, dan Walikota

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News