Ramadan: Srikandi Ganjar Sumut Menggelar Kelas Memasak Khas Melayu

Ramadan: Srikandi Ganjar Sumut Menggelar Kelas Memasak Khas Melayu
Kelas memasak yang digelar Srikandi Ganjar. Dok sukarelawan Ganjar.

jpnn.com, SUMATERA UTARA - Sukarelawan Srikandi Ganjar Sumut menggelar cooking class membuat masakan ramadan khas Melayu, yaitu bubur Podas pada Jumat (24/3).

Kegiatan ini digelar bersama komunitas Pengopek Kerang (PERANG) di Jalan Pelabuhan, Kelurahan Perjuangan, Kecamatan Teluk Nibung, Kota Tanjungbalai, Sumatera Utara.

Korwil Srikandi Ganjar Sumut Firda Annisa Sirait menjelaskan bubur podas atau bubur pedas adalah salah satu kuliner tradisional masyarakat Sumut.

"Makanan ini merupakan kuliner kebanggaan masyarakat Melayu pada umumnya," ujar Firda.

Namun, menurutnya, saat ini masih banyak yang belum mengetahui cara membuat bubur podas.

Pada proses pembuatan Bubur Podas ini ada lebih kurang 40 jenis bahan yang harus disiapkan mulai dari bumbu rempah, kelapa, beras, aneka sayuran, aneka lauk hingga dedaunan.

"Hal itu juga yang menjadi ciri khas dan kesulitan tersendiri dari belajar membuat bubur podas ini, selain memiliki bahan yang banyak, cara proses pembuatannya juga terbilang lama. Namun, usaha untuk membuat masakan ini sebanding dengan kelezatan yang dihasilkan," sambungnya.

Diharapkan makanan ini bisa populer kembali di bulan puasa dan bisa dijadikan sebagai bisnis usaha musiman yang menjanjikan untuk ditekuni.

Kegiatan itu juga sejalan dengan program Ganjar Pranowo yang selalu memberikan edukasi, serta pengetahuan kepada masyarakat untuk terus melestarikan budaya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News