Rata-rata Terendah Nilai UN Bakal Dinaikkan

Rata-rata Terendah Nilai UN Bakal Dinaikkan
Rata-rata Terendah Nilai UN Bakal Dinaikkan
JAKARTA --Rata-rata terendah nilai ujian nasional (UN) tingkat SMA/sederajat yang ditetapkan 5,5 dianggap sebagai angka wajar dan sesuai dengan tingkat kemampuan siswa di seluruh Indonesia. Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) M Nuh mengatakan, angka tersebut sangat kompromistis.

“Umumnya, angka 5,5 tersebut sudah wajar. Kalau dibulatkan menjadi 6 kan ya. Ini sebenarnya sesuatu yang sangat kompromistis. Kalau dipakai angka 6 karena kita menggunakan angka pembulatan, pasti akan ada pertanyaan kenapa tidak pakai angka 5,5? Jadi 5,5 itu sudah wajar lah,” ungkap Nuh di Gedung Kemdiknas, Jakarta, Senin (16/5).

Lantas bagaimana dengan rerata nilai UN terendah untuk tahun depan? Nuh mengatakan, kemungkinan dinaikkan. “Kami belum memutuskan apakah nanti dinaikan rata-ratanya untuk tahun depan, di mana saat ini rata-rata terendah dipatok 5,5. Tentu memang dinaikan. Namun harus dikaji lebih mendalam,” ujarnya.

Namun disinggung mengenai bobot nilai antara UN dan ujian sekolah (US), Nuh mengatakan dari total secara keseluruhan, pengaruhnya tidak signifikan karena bobotnya hanya 40 persen. "Tapi tetap berikan pengaruh. Itu bisa dibuktikan,” imbuhnya.

 

JAKARTA --Rata-rata terendah nilai ujian nasional (UN) tingkat SMA/sederajat yang ditetapkan 5,5 dianggap sebagai angka wajar dan sesuai dengan tingkat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News