Ratusan Nelayan Tradisional Pati Ungkap Perhatian Ganjar Selama Pimpin Jateng

Ratusan Nelayan Tradisional Pati Ungkap Perhatian Ganjar Selama Pimpin Jateng
Para nelayan tradisional di Pati yang menyatakan dukungan untuk Ganjar Pranowo. Dok: Sukarelawan Ganjar.

jpnn.com, PATI - Kelompok nelayan tradisional Kabupaten Pati melakukan ritual "buang sial" atau Larung Sukerto sebagai bentuk dukungan kepada Ganjar Pranowo agar menjadi Presiden Indonesia 2024.

Kegiatan yang diselenggarakan di Desa Puncel, Kecamatan Dukuhseti, Kabupaten Pati itu diikuti ratusan masyarakat nelayan tradisional baik laki-laki maupun perempuan.

Ritual dimulai dengan doa bersama di desa tersebut secara melingkar. Mereka mendoakan supaya para nelayan mendapatkan keselamatan serta hasil tangkapan laut yang melimpah.

Kemudian berdoa agar Ganjar Pranowo berhasil mengungguli pesaing lainnya dan menjadi Presiden RI dalam pesta demokrasi 2024.

"Harapan kami untuk Pak Ganjar ke depan bisa maju untuk RI1 dan kami nelayan tradisional khusus Pati mendukung penuh satu komando untuk menuju Pak Ganjar (RI) 1," kata Koordinator Nelayan Tradisional Kabupaten Pati, Umbar dalam siaran persnya, Sabtu (2/9).

Setelahnya, mereka menaiki perahu yang dihiasi bendera kelir merah putih bergambar wajah Ganjar Pranowo sebagai wujud kecintaan terhadap sosok Gubernur Jawa Tengah itu.

Perahu-perahu itu melaju dari Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Puncel menyusuri Sungai Silugonggo sampai ke muara di Laut Jawa, dan melarung sejumlah sesajen berisi nasi, ayam kampung, kelapa muda, pisang, dan lainnya di sana.

Umbar mengatakan kegiatan ini merupakan bentuk dukungan secara penuh dari masyarakat nelayan terhadap Ganjar Pranowo.

Sejumlah nelayan tradisional di Pati mengungkapkan perhatian yang diberikan Ganjar Pranowo selama memimpin Jawa Tengah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News