Ratusan Penari Bakal Tampil di Ajang Solo Menari 2024

Ratusan Penari Bakal Tampil di Ajang Solo Menari 2024
Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta kembali menggelar Solo Menari 2024 di Kota Solo, Jawa Tengah pada Senin (29/4). Foto: dok Solo Menari 2024.

jpnn.com, SOLO - Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta kembali menggelar Solo Menari 2024 di Kota Solo, Jawa Tengah pada Senin (29/4).

Event yang bertempatan dengan Hari Tari Sedunia itu akan melibatkan 15 sanggar tari di kota Solo, yang menghidupkan kreativitas tari mereka.

200 penari juga akan tampil dalam karya tari kolosal bertajuk ‘Animal Movement’ di acara pembukaan Solo Menari 2024, pada acara pembukaan Solo Menari 2024.

Acara tersebut juga melibatkan sanggar dan komunitas tari dari beberapa kota di Indonesia, antara lain Yogyakarta, Sukoharjo, Karanganyar, Klaten, Magelang, Karawang, Indramayu, Cirebon, Depok, Jakarta Selatan, dan Biruen (Aceh), pada acara penutupan.

Kreator Solo Menari 2024, Heru Mataya mengatakan, ‘Animal Movement’ dipilih sebagai tema Solo Menari 2024, karena ingin mengajak publik menziarahi situs Kebun Binatang Solo di masa lalu, yaitu Taman Sriwedari (1901-1972) dan Kebun Binatang Solo masa kini, yaitu Solo Safari.

"Tema ini mengandung muatan edukasi historis bagi publik," ungkap Heru dalam siaran persnya, Kamis (25/4).

Dia menjelaskan acara ini berbeda dari sebelumnya. Menurut dia, event ini disertakannya tari kontemporer dalam pertunjukan yang bertujuan memperluas pandangan publik mengenai tari.

Selain mengangkat tari bercorak seni tradisi, kesenian kontemporer juga perlu diberi ruang.

Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta kembali menggelar Solo Menari 2024 di Kota Solo, Jawa Tengah pada Senin (29/4).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News