Ratusan Pengelola Museum Bertemu untuk Tingkatkan SDM Pengelolaan

Ratusan Pengelola Museum Bertemu untuk Tingkatkan SDM Pengelolaan
Para pengelola museum dari berbagai daerah di acara Pertemuan Musem Nasional di Yogyakarta. Foto: source for JPNN

jpnn.com, JOGJA - Pengelola museum dari berbagai daerah di seluruh Indonesia menggelar Pertemuan Nasional Museum (PNM) di Hotel Sahid Rich Yogyakarta mulai 16-19 Mei 2017.

Acara yang bertema Museum sebagai Sumber Belajar dan Pendidikan Karakter Bangsa ditaja Dirjen Kebudayaan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Ketua Umum Asosiasi Museum Indonesia (AMI), Putu Supadma Rudana mengatakan pertemuan nasional Museum se-Indonesia di Yogyakarta ini membahas berbagai hal. Di antaranya soal manajemen pengelolaan museum yang sangat penting untuk mengembangkan museum di Indonesia.

Pria kelahiran bali ini mencontohkan negara Singapura yang sedikit koleksi tetapi karena narasi dan manajemennya bagus, maka museum berkembang dengan baik.

Di Eropa juga demikian, koleksi yang ada justru kebanyakan dari Timur Tengah dan Indonesia, tetapi karena managemen pengelolaan yang baik maka museum berkembang pesat.

"Masalah packaging dan marketing yang bagus. Kita (Indonesia) perlu meningkatkan SDM-nya, packaging dan manajemennya. Termasuk manajemen keamanan juga harus ditingkatkan," kata Putu Supadma Rudana di Pertemuan Nasional Museum se-Indonesia.

Menurut Rudana, pertemuan yang diikuti 400 orang dari pengelola dan pemerhati museum ini akan menghasilkan rekomendasi-rekomendasi untuk perbaikan dan pengembangan museum di Indonesia.

Dengan adanya pertemuan ini para pengelola museum se-Indonesia  bisa bersinergi dan lebih komprehensif.

Pengelola museum dari berbagai daerah di seluruh Indonesia menggelar Pertemuan Nasional Museum (PNM) di Hotel Sahid Rich Yogyakarta mulai 16-19 Mei

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News