Ratusan Rumah Warga Tak Beratap Disapu Puting Beliung

D

Ratusan Rumah Warga Tak Beratap Disapu Puting Beliung
Warga memperbaiki rumah yang diterjang angin puting beliung. Foto ilustrasi: dokumen JPNN

jpnn.com, SIDOARJO - Bencana puting beliung kembali menerjang empat desa di Kecamatan Tulangan, Sidoarjo, Jatim. Yaitu, Desa Kepunten, Kajeksan, Singopadu, dan Kemantren. Dari data yang dihimpun, terdapat 120 rumah milik warga rusak parah.

Kepala Desa Kepunten, Kecamatan Tulangan, Bambang Supriyadi menjelaskan, tidak ada tanda-tanda puting beliung sebelumnya. Warga beraktivitas seperti biasa. Lantaran hari beranjak gelap, mayoritas penduduk mulai masuk ke rumah.

Pukul 14.30, hujan mulai turun. Intensitasnya bertambah lebat. Guyuran hujan itu disertai angin kencang. Semakin lama, empasan angin semakin kencang.

"Tiba-tiba brakk, genting rumah warga hilang," ucapnya.

Empasan angin kencang itu tidak lama. Berkisar lima menit. Setelah itu, angin kembali normal. Yang tersisa guyuran hujan. Meski hanya beberapa menit, dampaknya sangat besar.

Bambang menjelaskan, dari data sementara, ada dua dusun yang terdampak. Yaitu, Dusun Kepunten. Ada tiga rumah yang rusak. Lokasi paling parah berada di Dusun Malangbong. Sebanyak 20 rumah warga terdampak.

"Mayoritas genting bangunan hilang. Kami belum menemukan bangunan ambruk," ucapnya.

Bukan hanya rumah, lingkungan dua dusun tersebut juga porak-poranda. Puluhan pohon di tepi jalan tumbang. Kabel listrik putus tak kuasa menahan kencangnya angin.

Tercatat ada 71 bangunan rumah yang ambruk akibat disapu angin puting beliung pada Senin lalu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News