Ratusan Warga Ciracas Jaktim Masih Buang Tinja ke Kali Cipinang, Aduh

Ratusan Warga Ciracas Jaktim Masih Buang Tinja ke Kali Cipinang, Aduh
Tampak sejumlah pipa pembuangan tinja rumah warga ke Kali Cipinang, Ciracas, Jakarta Timur, Senin (22/11). Foto: Dean Pahrevi/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ratusan warga di Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur, tercatat masih belum memiliki septic tank di rumahnya.

Sekretaris Kecamatan Ciracas Abdul Khair mengatakan masih ada sekitar 406 keluarga yang belum memiliki tempat penampungan limbah kotoran manusia itu.

"Di Ciracas, tinggal 406 keluarga dari 1.200 (belum memiliki septic tank)," kata Abdul saat dikonfirmasi, Senin (22/11).

Ketua Tim Kreatif Kecamatan Ciracas Sugiman mengatakan ratusan warga yang belum memiliki septic tank itu terdiri dari orang mampu dan tidak mampu.

"Dominan oleh warga tidak mampu," ujar Sugiman.

Pihak kecamatan pun gencar mengimbau dan menegur warga mampu untuk membuat septic tank sendiri.

Adapun untuk warga yang tidak mampu, bakal dibantu pembuatan septic tank menggunakan dana yang dikumpulkan pihak kecamatan.

"Pak Camat Ciracas punya inovasi menggali dukungan berupa dana kemanusiaan dari sumber-sumber yang mereka mau secara sukarela menyumbangkan," ujar Sugiman.

Ratusan warga di Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur, tercatat masih belum memiliki septic tank di rumahnya dan membuang tinja ke Kali Cipinang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News