Rawan Suap, Rekening Anggota KPUD Didata

Rawan Suap, Rekening Anggota KPUD Didata
Rawan Suap, Rekening Anggota KPUD Didata
JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam waktu dekat akan segera mendata seluruh nomor rekening anggota KPU Daerah (KPUD) di tingkat kabupaten/kota dan provinsi. Langkah ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya suap menyuap dari seluruh tahapan pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu).

Komisioner KPU Sigit Pamungkas mengakui proses tahapan Pemilu paling rawan terjadinya tindak penyuapan kepada penyelenggara Pemilu. Mulai dari proses verifikasi partai politik calon peserta Pemilu 2014, pencalegan, proses penghitungan suara pemilihan, pengalokasian kursi dan penetapan calon DPR maupun DPRD terpilih nantinya.

“Pendataan kita lakukan untuk mengantisipasi dan mencegah, agar seluruh jajaran penyelenggara Pemilu tidak tergoda iming-iming penyuapan. Karena sebagai contoh saat calon legislatif (caleg) nantinya dinyatakan tidak memenuhi syarat, iming-iming finansial bisa datang kepada komisioner KPU. Ini yang akan kita cegah,” ujar Komisioner KPU Sigit Pamungkas, di Jakarta, Selasa (5/2).

Karena itu kata Sigit, dalam melakukan pengawasan terhadap seluruh penyelenggara Pemilu, perlu dilakukan tindakan untuk meminimalisir kecurangan terutama bagi penyelenggara di daerah. “Yang belum tersentuh itu di daerah- daerah. Nanti itu yang kami dorong untuk melakukan pelaporan kekayaan dengan menggunakan instrumen peraturan atau surat edaran,” katanya.

JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam waktu dekat akan segera mendata seluruh nomor rekening anggota KPU Daerah (KPUD) di tingkat kabupaten/kota

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News