Ray Rangkuti Minta Kapolri Tindaklanjuti Tuntutan HMI Soal Pencopotan Kapolda Sumut

Ray Rangkuti Minta Kapolri Tindaklanjuti Tuntutan HMI Soal Pencopotan Kapolda Sumut
Pengamat politik yang juga Direktur Lingkar Madani untuk Indonesia (LIMA) Ray Rangkuti. Foto: Dokumen JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Eksekutif Lingkar Madani Ray Rangkuti angkat bicara terkait tuntutan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) yang meminta Kapolda Sumut Irjen RZ Panca Putra Simanjuntak dicopot dari jabatannya.

Dia mengatakan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo seharusnya menindaklanjuti tuntutan HMI Sumut tersebut.

Irjen Panca didesak mundur karena dinilai gagal membina anak buahnya yang terlibat pencurian sepeda motor di Medan, Sumatera Utara pada Rabu (5/10/2022) lalu.

"Mestinya berbagai keluhan apalagi kemarin sudah didemo, menjadi sebab bagi atensi Kapolri untuk mengetahui lebih lanjut kiprah dari Kapolda Sumut ini," kata Ray saat dihubungi wartawan, Jumat (14/10/2022).

Beberapa hari lalu, HMI Sumut melakukan aksi protes terhadap Polda Sumut dan Kapolrestabes Medan terkait keterlibatan tiga polisi dari Satuan Samapta Polrestabes Medan dalam perampokan sepeda motor milik warga Pancurbatu, Deliserdang, Sumatera Utara.

Ketiganya sudah dijatuhi sanksi Pemberhentian Tidak Dengan Hormat (PTDH) alias dipecat pada sidang etik yang digelar di gedung Bidang Propam Polda Sumut.

Sebelumnya HMI mendesak Kapolri segera mencopot Kapolda Sumut dan Kapolrestabes Medan dalam sebuah aksi yang digelar beberapa waktu lalu.

HMI menilai peristiwa perampokan terhadap satu keluarga telah mencoreng nama baik institusi Polri. Terlebih lagi, kejadian sempat mengakibatkan anak kecil menjadi korban.

Kapolda Sumut didesak mundur karena dinilai gagal membina anak buahnya yang terlibat pencurian sepeda motor di Medan, pada Rabu (5/10/2022) lalu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News