Rayakan HUT ke-75 Kemerdekaan RI, Google Doodle Bawa Pesan Keragaman

Rayakan HUT ke-75 Kemerdekaan RI, Google Doodle Bawa Pesan Keragaman
Tema Google Doodle pada perayaan HUT ke-75 RI. Foto: screenshot

jpnn.com, JAKARTA - Google Doodle ikut merayakan HUT ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia, melalui ilustrasi buatan seniman asal Jakarta, Martcellia Liunic.

Dikutip dari laman blog Google, Senin (17/8), Martcellia menyoroti keragaman yang membentuk kesatuan Indonesia, yang sesuai dengan moto bangsa, "Bhinneka Tunggal Ika", berbeda-beda tetapi tetap satu.

Ilustrasi digambarkan dengan adanya hal-hal identik dengan Indonesia seperti Harimau Sumatera, bunga Rafflesia Arnoldi, yang merupakan beberapa contoh dari keanekaragaman fauna dan flora asli Nusantara yang melimpah.

Ditampilkan juga penggambaran Panjat Pinang, salah satu permainan "tujuhbelasan" terpopuler yang mengharuskan tim untuk bekerja sama, mencapai puncak tiang yang licin dan mengklaim hadiah.

Lebih dari sekadar permainan, Panjat Pinang mewujudkan semangat gotong royong dan menekankan pentingnya persatuan Indonesia.

Topik tersebut menjadi bermakna secara pribadi bagi Martcellia, mengingat dirinya tumbuh dan besar di negara ini sepanjang hidupnya.

Inspirasi sendiri datang dari identiknya Hari Kemerdekaan, sebagai salah satu hari libur nasional terbesar yang dirayakan di Indonesia.

"Saya memikirkan bagaimana kita biasanya menghiasi lingkungan kita dengan bendera nasional dan meriah, serta mengadakan kompetisi persahabatan, parade, dan upacara bendera, dengan lagu kebangsaan sedang dinyanyikan, dinyanyikan sepanjang hari," kata Martcellia.

Pada perayaan HUT ke-75 Kemerdekaan RI, tak ketinggalan Google Doodle ikut andil memberi makna khusus untuk seluruh warganet.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News