Reaksi Senator Angelo Soal Pengecatan Ulang Pesawat Kepresidenan, Menohok!

Reaksi Senator Angelo Soal Pengecatan Ulang Pesawat Kepresidenan, Menohok!
Anggota DPD RI dari Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) Angelius Wake Kako atau Senator Angeloa. Foto: Dokumentasi pribadi

jpnn.com, JAKARTA - Senator atau anggota DPD RI Angelius Wake Kako merespons polemik terkait pengecatan ulang pesawat Kepresidenan dari yang semulanya berwarna biru-putih menjadi merah-putih.

Sebelumnya, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan alasan pengecatan ulang adalah agar warna pesawat Kepresidenan sesuai dengan warna bendera RI.

Pengecatan ulang ini juga sebagai bagian dari cara memperingati HUT ke-75 RI. Heru mengatakan anggaran pengecatan pesawat tersebut mencapai Rp 2 miliar.

Menanggapi hal itu, Senator Angelo menilai cara memperingati HUT RI dengan menghabiskan anggaran sebesar Rp 2 miliar ini perlu dikritik.

“Ya, walau angka Rp 2 miliar tidak sebanding dengan dana total Pemulihan Ekonomi Nasional 2020-2021 yang sudah sebesar 984 triliun (679 triliun per September 2020 dan 305 triliun per Agustus), pilihan waktu pengecatan yang tidak tepat yakni di tengah situasi ekonomi Covid-19 yang lagi terpuruk. Inisiatif ini sebuah pemborosan belaka,” tegas Angelo.

Senator dari Provinsi NTT itu turut menjadi bagian dari deretan tokoh publik yang mengritisi hal ini.

“Bagi saya pemerintah memang sudah kehilangan sense of crisis. Di tengah situasi masyarakat yang terhimpit oleh beban ekonomi, kok pemerintah pusat malah membuang anggaran. Apa urgensi pesawat Kepresidenan diganti cat menjadi merah-putih? Kalau catnya berubah apa ekonomi rakyat membaik? Kan tidak!" ujar Angelius.

Angelius juga mengritisi bahwa kita kerap terjebak pada nasionalisme semu yang hanya berbasis "ritual" atau "tampilan".

Senator atau anggota DPD RI Angelius Wake Kako bereaksi keras terkait pengecatan ulang pesawat Kepresidenan dari yang semulanya berwarna biru-putih menjadi merah-putih.