Refleksi Akhir Tahun, Zulhasan Ajak Media Meredam Isu SARA

Refleksi Akhir Tahun, Zulhasan Ajak Media Meredam Isu SARA
Ketua MPR RI Zulkifli Hasan (kiri) bersama Anggota Fraksi PAN DPR Eko Patria dan Ketua Koordinatoriat Pengurus Wartawan Parlemen, Romdoni Setiawan saat Refleksi Akhir Tahun di Jakarta, Jumat (29/12). Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Tahun 2018 sudah memasuki tahun politik. Pada tahun 2018 terdapat 171 pemilihan kepala daerah dan pendaftaran calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) pada September 2018. Tahun depan pun sudah dimulai kampanye.

Ketua MPR RI Zulkifli Hasan berharap pada tahun depan isu-isu seperti suku, agama, ras dan antargolongan (SARA) bisa diredam. Ia juga berharap media perlu membantu untuk meredam isu SARA, merekatkan persatuan dan meluruskan kembali janji-janji kebangsaan.

“Mari kita bersama-sama untuk meredam. Tugas MPR adalah menjaga persatuan. Saya berharap media membantu MPR untuk meluruskan kembali janji-janji kebangsaan,” ajak Zulkifli Hasan yang mulai popular dengan panggilan Zulhasan dalam Refleksi Akhir Tahun bersama Wartawan Parlemen di Restoran Pulau Dua, Jakarta, Jumat (29/12).

Zulhasan mengajak kalangan media (cetak, online, dan elektronik) untuk memberikan edukasi kepada masyarakat. Jika tidak diberi edukasi, masyarakat akan mempercayai media sosial.

“Persoalan SARA, perbedaan dan keragaman sudah selesai 72 tahun lalu. Jangan lagi kita mempersoalkan agama, suku, dan latar belakang. Jangan lagi kita mempersoalkan apa yang sudah disepakati 72 tahun lalu,” kata Zulhasan yang juga Ketua Umum DPP PAN itu.

Zulhasan juga berharap pada tahun politik itu, kontestasi Pilkada tidak lagi mempertaruhkan segalanya. Jangan lagi Pilkada menghalalkan segala cara.

“Pilkada adalah adu konsep dan gagasan. Setelah persaingan, kita bersatu lagi sebagai saudara,” katanya.

Dari berbagai diskusi, Zulhasan mengungkapkan bahwa persoalan utama kita adalah kesenjangan dan social distrust. Publik tidak percaya pada lembaga parlemen (DPR), partai politik, dan ormas-ormas besar secara struktural. Penyebabnya DPR, parpol, dan ormas tidak memperjuangkan apa yang dirasakan masyarakat.

Ketua MPR RI Zulkifli Hasan berharap media membantu untuk meredam isu SARA, merekatkan persatuan dan meluruskan kembali janji-janji kebangsaan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News