Refleksi KLHK 2022, Menteri Siti Nurbaya: Tahun Penuh Keberanian

Refleksi KLHK 2022, Menteri Siti Nurbaya: Tahun Penuh Keberanian
Menteri LHK Siti Nurbaya pada acara bertajuk "Catatan Akhir Tahun 2022 Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan" di Jakarta, Kamis (29/12/2022). Foto: Dok. Humas KLHK

jpnn.com, JAKARTA - Tahun 2022 merupakan tahun keberanian bagi Indonesia. Selain itu sebagai tahun refleksi puncak kepemimpinan simbolik internasional Presiden Jokowi dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan  (KLHK) sebagai salah satu unsur penopangnya.

Keberanian yang luar biasa namun realistik juga terlihat dalam penetapan negative emission Indonesia dari sektor FoLU Tahun 2030.

Kebijakan ini diputuskan ketika Indonesia harus berada dalam posisi high ambition on climate action.

“Prinsip Bapak Presiden (Jokowi) bahwa less promise, high deliverables, konkret dan nyata. Itulah kita sekarang di 2022. Tonggaknya sudah ditancapkan,” ujar Menteri Siti Nurbaya pada acara bertajuk “Catatan Akhir Tahun 2022 Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan” di Jakarta, Kamis (29/12/2022).

KLHK bersama semua pihak, termasuk para tokoh prominent, juga bekerja keras hingga bisa mencapai tingkat diplomasi sekarang. Diplomasi internasional makin baik, ditandai dengan interaksi bersama negara-negara sahabat yang penting. Demikian pula kerja-kerja multilateral yang makin baik dan kuat.

Pada kesempatan tersebut, Menteri Siti juga menyampaikan highlight apa saja yang menjadi catatan penting di tahun 2022.

Capaian kinerja KLHK di tahun 2022 di antaranya kebakaran hutan tidak ada yang signifikan muncul secara nasional karena dapat ditangani dengan baik.

“Sejak tahun 2020, kita terus lakukan uji coba, setelah Bapak Presiden meminta dilakukan penyelesaian masalah karhutla secara permanen,” ujar Siti Nurbaya.

Siti Nurbaya mengatakan tahun 2022 merupakan tahun keberanian bagi Indonesia & tahun refleksi puncak kepemimpinan simbolik internasional Presiden Jokowi & KLHK.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News