Reformasi Birokrasi ala Pakde Karwo

Reformasi Birokrasi ala Pakde Karwo
Gubernur Provinsi Jatim Soekarwo (kanan) memberikan sambutan hangat kepada pejabat SKPD dan peserta apel pagi di Kantor Gubernur Jalan Pahlawan Surabaya, Selasa (3/1). Foto Radar Surabaya/JPNN.com

jpnn.com - JPNN.com - Gubernur Jawa Timur Soekarwo mengungkapkan bahwa Pemerintah Provinsi Jawa Timur mulai saat ini harus mempersiapkan Aparatur Sipil Negara (ASN) dari generasi muda yang berkualitas world class.

Artinya, generasi muda yang berkualitas, mampu menanggulangi segala persoalan yang terjadi di masyarakat, mampu meningkatkan kualitas pelayanan publik, serta mampu menghadapi hambatan pembangunan dari luar negeri.

“Apabila ada ASN yang melanjutkan pendidikannya ke jenjang Strata II hendaknya memilih jurusan yang sesuai dengan bidang yang ditangani, jangan hanya untuk mengejar agar dapat mencapai Golongan IV,” kata Soekarwo saat memberikan pengarahan di hadapan seluruh pejabat dan staf di lingkungan Pemprov Jatim dalam mengawali tahun 2017 di Halaman Kantor Gubernur Jatim Jalan Pahlawan, Surabaya.

Dicontohkan, sampai sekarang Pemprov. Jatim belum mempunyai tukang las bawah laut.

Oleh karena itu, ASN di bidang perindustrian bisa bekerja sama dengan Perguruan Tinggi Angkatan Laut, bekerja sama dengan Kobangdikal yang mempunyai tenaga-tenaga kelas internasional di bidangnya.

Prinsipnya, pada kesempatan itu Gubernur yang biasa disapa Pakde Karwo menekankan pentingnya leadership atau kepemimpinan dari masing-masing SKPD/Badan/Biro.

“50 persen keberhasilan suatu SKPD/Badan/Biro ditentukan oleh para pimpinan,” kata Pakde Karwo seperti yang dilansir Radar Surabaya (Jawa Pos Group), Rabu (4/1).

Menurutnya, pembentukan organisasi baru di akhir tahun 2016 sesuai dengan amanah UU No. 32/2014 tentang Pemerintahan Daerah, yang diikuti dengan pelantikan eselon II, III dan IV sebagai pejabat di organisasi baru tersebut, akan dinilai dalam kurun waktu enam bulan ke depan.

JPNN.com - Gubernur Jawa Timur Soekarwo mengungkapkan bahwa Pemerintah Provinsi Jawa Timur mulai saat ini harus mempersiapkan Aparatur Sipil Negara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News