Regenerasi Petani, Kementan Gelar Bootcamp di Bogor

Regenerasi Petani, Kementan Gelar Bootcamp di Bogor
Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Kementerian Pertanian (BPPSDMP Kementan) melalui melalui Pusat Pendidikan Pertanian dengan program Youth Entrepreneur and Employment Support Services (YESS) menyelenggarakan Bootcamp Young Ambassador Agriculture dan Duta Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan)/Politeknik Enjiniring Pertanian Indonesia (PEPI) 2024. Foto: BPPSDMP Kementan

jpnn.com, BOGOR - Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Kementerian Pertanian (BPPSDMP Kementan) melalui melalui Pusat Pendidikan Pertanian dengan program Youth Entrepreneur and Employment Support Services (YESS) menyelenggarakan Bootcamp Young Ambassador Agriculture dan Duta Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan)/Politeknik Enjiniring Pertanian Indonesia (PEPI) 2024.

Kegiatan ini memilih 70 nominee Young Ambassador Agriculture yang akan menuju ke babak grand final dan bersaing menjadi 50 Duta Petani Muda Program YESS dan Duta Polbangtan/PEPI 2024 yang akan menjadi agen promosi sekaligus representasi Politeknik Vokasi lingkup Kementan.

Bootcamp dilangsungkan selama satu pekan dan dimulai dengan pembukaan di Bogor, Selasa (30/4) yang diikuti 116 peserta dari penjuru tanah air Indonesia.

Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengatakan salah satu fokus pihaknya ialah pemenuhan kebutuhan pangan dan mencapai kembali swasembada yang pernah diraih pada 2017, 2019, dan 2020.

“Salah satu program untuk mencapai hal tersebut melalui optimalisasi pemanfaatan lahan seluruh wilayah Indonesia termasuk didalamnya lahan rawa dalam peningkatan produksi pangan. Program tersebut membutuhkan keterlibatan berbagai pihak mulai dari pemerintah daerah, penyuluh dan petani khususnya petani muda,” tuturnya dalam siaran pers yang diterima.

Sementara Kepala BPPSDMP Kementan Dedi Nursyamsi menyatakan dukungan penuh terhadap upaya peningkatan produksi pangan melalui optimalisasi lahan di seluruh wilayah Indonesia termasuk di lahan rawa.

“Bootcamp Young Ambassador Agriculture merupakan kegiatan pemilihan dan pelatihan petani atau pengusaha muda sektor pertanian dari seluruh Indonesia, untuk dapat menjadi duta Program YESS. Tujuannya mempromosikan dan mengajak kaum muda di wilayah Program YESS untuk terlibat secara aktif di sektor pertanian,” tutur Dedi.

Dia juga menjelaskan YESS adalah program kerja sama antara Kementan dengan International Fund For Agricultural Development (IFAD).

Bootcamp dilangsungkan selama satu pekan dan dimulai dengan pembukaan di Bogor, Jawa Barat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News