Rekan Akui Aprilia Manganang Tidak Haid

Rekan Akui Aprilia Manganang Tidak Haid
Aprilia Manganang. Foto Instagram/manganang92

jpnn.com, JAKARTA - Aprilia Manganang telah diumumkan oleh KSAD Jenderal Andika Perkasa berganti gendernya, dari wanita menjadi pria.

Saat masih berstatus wanita, ada yang terungkap bahwa Aprilia memang tak memiliki siklus normal kewanitaan seperti yang lainnya, yakni menstruasi.

Rekan Aprilia di voli, Berllian Marsheilla mengatakan, kondisi Aprilia yang tak haid itu bukan hal yang harus diperdebatkan dan dianggap aneh.

Sebab, dia juga punya teman perempuan yang tak pernah merasakan namanya menstruasi. Karena itu hal yang privasi dan tak banyak yang bertanya.

"Kalau soal menstruasi, kami teman-teman tahu memang dia enggak menstruasi. Tetapi, kalau soal menstruasi aku punya teman cewek tidak menstruasi juga, dia memang benar-benar wanita. Jadi menurut aku itu hal yang biasa," tuturnya.

Terkait prestasi dan sederet medali yang pernah didapatkan oleh Aprilia bersama tim voli putri Indonesia, menurutnya tak perlu terjadi protes dari negara lain. Sebab, perubahan kelamin ini bukan sebuah kesengajaan.

"Protes sampai pengembalian medali itu enggak perlu. Karena April bukan melakukan pembohongan publik, melakukan kesalahan yang disengaja. Jadi ini kan kesalahan yang April sendiri tidak tahu dari lahir," tegasnya.

Sebelumnya, Jenderal Andika Perkasa menyebut bahwa setelah melalui serangkaian pemeriksaan diketahui Aprilia ini menderita kelainan kelamin atau hipospadia.

Saat masih berstatus wanita, Aprilia Manganang tak memiliki siklus normal kewanitaan seperti yang lainnya, yakni menstruasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News