Rekrutmen CPNS, Pemkab Siap Ajukan Usulan Formasi

 Rekrutmen CPNS, Pemkab Siap Ajukan Usulan Formasi
Peserta Tes CPNS Kemenkumham rela berpanasan menunggu giliran pemeriksaan berkas dan tinggi badan untuk SLTA, Selasa(12/09) di GOR Kotabaru. FOTO: M RIDWAN/JAMBI EKSPRES/JPNN.com

jpnn.com, KUTAI TIMUR - Pemkab Kutai Timur (Kutim), Kaltim, sudah ancang-ancang melakukan rekrutmen CPNS tahun depan.

Targetnya, paling lambat akhir 2017, Pemkab Kutim sudah mengusulkan formasi CPNS yang dibutuhkan ke pemerintah pusat

“Kuota yang dibutuhkan, saat ini, belum bisa disebutkan. Ada instansi khusus, yakni bagian kepegawaian yang akan menyusunnya. Bukan dari pemerintah pusat yang meminta kuota, tapi Pemkab Kutim yang harus mengusulkan jumlah kebutuhan PNS,” papar Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Kutim Irawansyah , seperti diberitakan Kaltim Post (Jawa Pos Group).

Perhitungannya, lanjut Irawansyah, adalah dilihat dari jumlah PNS yang pensiun pada beberapa tahun terakhir. Dipastikan, tenaga kesehatan dan pendidikan akan menjadi prioritas rekrutmen CPNS.

“Tenaga kesehatan dan pendidikan yang diprioritaskan. Saat ini, mereka masih diangkat menjadi TK2D (tenaga kerja kontrak daerah) saja,” ungkap mantan sekretaris DPRD Kutim itu.

Apakah ada kebijakan untuk memprioritaskan TK2D yang sudah lama bekerja di Kutim, menurut Irawansyah, tipis kemungkinan. Sebab, semua CPNS hanya berdasarkan penilaian secara umum.

“Bahkan, dari pemerintah pusat meminta adanya pegawai yang benar-benar profesional. Mungkin saja ada prioritas untuk tenaga kerja lama, tapi itu hanya sedikit saja,” ulas dia.

Diterangkannya, 10 persen diutamakan harus yang memiliki nilai cum laude di ijazahnya. “Tetap akan diupayakan bagi mereka yang telah lama mengabdi. Tentu melalui Pak Bupati. Kalau tidak, mereka akan terus-terusan menjadi TK2D,” sebut dia.

Paling lambat akhir 2017, Pemkab Kutim sudah mengusulkan formasi CPNS yang dibutuhkan ke pemerintah pusat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News