Rektor Ibnu Chaldun: Survei Pilpres Tak Mencerminkan Realita di Lapangan

Rektor Ibnu Chaldun: Survei Pilpres Tak Mencerminkan Realita di Lapangan
Rilis hasil survei LSI Denny JA tentang elektabilitas pasangan capres-cawapres di Jakarta, Selasa (5/3). Foto: Ricardo/JPNN.Com

jpnn.com - Rektor Universitas Ibnu Chaldun (UIC) Musni Umar mengaku resah dengan dengan maraknya survei yang tidak transparan, baik dari aspek metodogi maupun pendanaan.

Dalam hal metodologi, Musni mengkritik survei yang justru mengarahkan responden agar memilih pilihan tertentu. Meski data yang diperoleh berasal dari hasil wawancara, menurutnya setiap orang, baik itu responden maupun bukan, bisa berubah tergantung konteks dan situasi yang dihadapi.

"Fenomena yang kita saksikan di saat kampanye dengan hasil wawancara saya dengan masyarakat itu sama sekali tidak tercermin dari hasil survei yang ada," terang Musni di Jakarta, Selasa (26/3).

Selanjutnya dari sisi netralitas, Musni menyebut hasil survei lembaga survei cenderung bias. Terlebih pendanaan survei tersebut juga misterius.

"Jadi dia tidak mandiri, siapa yang mendanai tentu lembaga survei itu dia akan mengikuti yang mendanai," tandasnya. (dil/jpnn)


Rektor Universitas Ibnu Chaldun (UIC) Musni Umar mengaku resah dengan dengan maraknya survei yang tidak transparan, baik dari aspek metodogi maupun pendanaan.


Redaktur & Reporter : Adil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News