Rencana Kenaikan Harga BBM Bikin Rupiah Hari Ini Ambyar

Rencana Kenaikan Harga BBM Bikin Rupiah Hari Ini Ambyar
Nilai tukar rupiah pada perdagangan hari ini ditutup melemah 53 point dilevel Rp 14.891. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Nilai tukar rupiah pada perdagangan hari ini ditutup melemah 53 point dilevel Rp 14.891.

Direktur PT. Laba Forexindo Berjangka Ibrahim Assuaibi mengatakan rencana pemerintah menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) subsidi makin mencuat.

Pasalnya, tingginya harga minyak dunia telah mendorong meningkatnya gap harga keekonomian dan harga jual Pertalite hingga Solar sehingga berdampak pada kenaikan subsidi BBM dan kompensasi energi di APBN 2022. 

Sebelumnya, DPR RI telah sepakat untuk menambah anggaran subsidi BBM dan kompensasi energi sebesar Rp 502 triliun sesuai usulan pemerintah.

"Namun, penyaluran BBM bersubsidi tidak tepat sasaran sehingga gelontoran subsidi tidak optimal. Badan Anggaran (Banggar) kemudian menyarankan agar Jokowi untuk menaikkan harga BBM dua kali tahun ini," ujar Ibrahim, Senin (22/8).

Lebih lanjut, harga BBM bisa terjaga di tengah tingginya harga komoditas global maka pemerintah akan memperhatikan sejumlah indikator untuk mengukur kecukupan anggaran subsidi energi untuk menjaga stabilitas harga.

"Jika harga Pertalite dinaikkan maka inflasi kemungkinan akan melesat. Saat inflasi semakin meninggi nilai tukar mata uang semakin tergerus, rupiah akan tertekan," ungkap Ibrahim

Selain itu, Bank Indonesia (BI) yang akan mengumumkan kebijakan moneter Selasa besok juga akan mempengaruhi pergerakan rupiah.

Nilai tukar rupiah pada perdagangan hari ini ditutup melemah 53 point dilevel Rp 14.891.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News