Renungan Suci di TMP Kalibata, Jokowi Berjanji Melanjutkan Perjuangan Para Pahlawan

Renungan Suci di TMP Kalibata, Jokowi Berjanji Melanjutkan Perjuangan Para Pahlawan
Presiden Joko Widodo menggelar Upacara Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Senin (17/8) pukul 00.00. Foto: Screenshot akun Sekretariat Presiden di YouTube

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo menggelar Upacara Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Senin (17/8) pukul 00.00. Pria yang akrab disapa Jokowi itu menjadi inspektur upacara.

Saat membacakan amanatnya, Jokowi mendoakan kepada para arwah pahlawan agar tenang di alam sana.

"Hari ini, pukul 00.00, kita mengenang arwah dan jasa para pahlawan yang bersemayam makam ini," kata Jokowi.

Di TMP Kalibata ini, lanjut Jokowi, ada ribuan pahlawan yang telah dikuburkan. Selain itu, ada juga sejumlah tokoh. Jokowi juga menerangkan ada pahlawan tanpa nama yang turut memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia dimakamkan di tempat ini.

Jokowi tak lupa pula mendoakan para pahlawan bangsa yang dikuburkan di luar TMP ini. "Di dusun, di lereng gunung, dan dasar lautan, kami menyatakan hormat yang sebesar-besarnya," tambah Jokowi.

Jokowi memandang jasa dan rida para pahlawan dalam mengabdi pada perjuangan dan bangsa sangat bermanfaat buat Indonesia. Mantan gubernur DKI Jakarta ini juga memastikan perjuangan para pahlawan tidak sia-sia.

"Kami bersumpah dan berjanji perjuangan para pahlawan adalah perjuangan kami pula," kata dia.

Setelah itu, Jokowi juga mendoakan para pahlawan. "Kami berdoa semoga arwah para pahlawan diterima Tuhan Yang Maha Esa, ditempatkan di tempat yang sebaik-baiknya," kata pria asal Solo ini.

Presiden Joko Widodo mengheningkan cipta di Taman Makam Pahlawan Kalibata Jakarta Selatan tepat pergantian hari.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News