Rerie Minta Learning Loss Segera Diatasi lewat Kebijakan Ini

Rerie Minta Learning Loss Segera Diatasi lewat Kebijakan Ini
Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat mendorong agar learning loss segera diatasi melalui kebijakan yang mampu menggerakkan seluruh stakeholder. Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat menyatakan, learning loss sepanjang pandemi Covid-19 harus diatasi secara sistematis.

"Lewat kebijakan yang mampu menggerakkan para pemangku kepentingan di sektor pendidikan dan masyarakat," kata Lestari, Selasa (22/3).

Disrupsi di sektor pendidikan sepanjang pandemi, menurut Lestari, membuat bangsa ini mengalami learning loss.

Sebab, masyarakat dan para tenaga pendidik serta peserta didik sulit beradaptasi dengan pola pendidikan yang diterapkan.

Secara umum, learning loss sering diartikan sebagai kemunduran secara akademis dari para peserta didik terkait dengan kesenjangan yang berkepanjangan atau proses pendidikan yang berlangsung secara tidak baik.

Pada September 2021, Bank Dunia mengungkap hasil temuan yang menyebut bahwa siswa Indonesia kehilangan 0,9 tahun atau sekitar 10 bulan masa pembelajaran di sekolah karena pandemi Covid-19 sejak awal 2020.

Rerie, sapaan akrab Lestari, menyatakan bahwa perubahan drastis pola pendidikan tatap muka menjadi daring menuntut kemandirian peserta didik dan orang tua murid.

Hal ini tentu menjadi kendala dalam proses belajar-mengajar.

Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat meminta agar learning loss segera diatasi dengan kebijakan yang bisa menggerakkan pemerintah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News