Resmi Dibeli Microsoft, Nokia Hentikan Produksi

Resmi Dibeli Microsoft, Nokia Hentikan Produksi
Microsoft Mobile. Foto: Getty Images

jpnn.com - Resmi Dibeli Microsoft, Nokia Hentikan Produksi

PERUSAHAAN perangkat komputer multinasional besutan Bill Gates, Microsoft resmi menyelesaikan pembelian bisnis ponsel asal Finlandia, Nokia dengan nilai 7,5 miliar dolar AS, Jumat 25/4. Hal tersebut berarti mengakhiri produksi ponsel oleh Nokia.

Kesepakatan jual-beli antara kedua perusahaan, seharusnya selesai pada awal tahun ini. Namun karena sejumlah kendala dan hambatan di tingkat regulator, sehingga penyelesaian pembelian baru terlaksana kemarin.

"Hari ini kami menyambut perangkat dan layanan bisnis Nokia ke dalam keluarga kami," kata kepala eksekutif Microsoft, Satya Nadella seperti dilansir BBC. "Kemampuan mobile dan aset yang mereka bawa, akan memajukan transformasi kami," lanjutnya.

Setelah resmi dibeli, Nokia tidak lagi memproduksi perangkat mobile, melainkan fokus pada pengembangan jaringan, layananan pemetaan, pengembangan teknologi, serta lisensi.

Seorang mantan Kepala Eksekutif Nokia, yakni Stephen Elop diangkat menjadi wakil presiden eksekutif grup perangkat Microsoft. Ia bertanggung jawab atas produksi sejumlah produk microsfot, seperti ponsel pintar Lumia, tablet, hardwate Xbox, Microsoft Surface, dan Perceptive Pixel (PPI).

Sementara itu, nasib dua pabrik Nokia di Asia tidak tercantum dalam kesepakatan. Sehingga, pabrik Nokia di Chennai India akan segera dikenakan pembekuan aset oleh otoritas pajak setempat. Sedangkan pabrik Nokia di Masan Korea Selatan akan segera ditutup. (rmo/jpnn)


Resmi Dibeli Microsoft, Nokia Hentikan Produksi PERUSAHAAN perangkat komputer multinasional besutan Bill Gates, Microsoft resmi menyelesaikan pembelian


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News