Resmikan Bendungan Sindangheula di Banten, Jokowi Harap Perkuat Sektor Pertanian-Industri

Resmikan Bendungan Sindangheula di Banten, Jokowi Harap Perkuat Sektor Pertanian-Industri
Presiden Joko Widodo meresmikan Bendungan Sindangheula yang berada di Kecamatan Paburuan, Kabupaten Serang, Kamis (4/3). Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden

jpnn.com, SERANG - Presiden Joko Widodo meresmikan Bendungan Sindangheula yang berada di Kecamatan Paburuan, Kabupaten Serang, Kamis (4/3).

Pria yang akrab disapa Jokowi itu mengharapkan penggunaan bendungan tersebut bisa bermanfaat bagi masyarakat Banten.

"Alhamdulillah, pada hari ini Bendungan Sindangheula yang dibangun 2015 sudah selesai dan siap difungsikan," ujar Jokowi.

Bendungan tersebut dibangun dengan anggaran mencapai Rp 451 miliar dan memiliki kapasitas tampung sebesar 9,30 juta meter kubik.

Kehadiran bendungan di Kabupaten Serang tersebut dapat memberikan manfaat pengairan irigasi bagi kurang lebih 1.289 hektare sawah setempat. Jokowi berharap akan dapat memacu produktivitas pertanian di wilayah itu.

"Kami harapkan bendungan ini memberikan nilai tambah yang besar bagi para petani di Banten dalam menjamin ketersediaan air yang cukup sehingga semakin produktif dan bisa menjaga ketahanan pangan," tuturnya.

Selain menopang sektor pertanian, bendungan tersebut diketahui juga mampu menyediakan kebutuhan air baku hingga 800 liter per detik.

Suplai air baku tersebut menjadi sangat penting bagi industri yang memang banyak berdiri di Banten.

Bendungan Sindangheula memakan anggaran ratusan miliar. Inilah harapan Presiden Joko Widodo.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News