Respons Kemensos Atas Instruksi Presiden soal Penyaluran Bansos: Minggu Ini Cair

Respons Kemensos Atas Instruksi Presiden soal Penyaluran Bansos: Minggu Ini Cair
Kemensos merespons instruksi presiden soal penyaluran bansos dalam periode PPKM Darurat. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Sosial Tri Rismaharini merespons arahan presiden terkait akselerasi penyaluran bansos.

Dia menyatakan bansos secepatnya disalurkan pada pekan ini atau paling lambat pekan depan bansos dapat tersalurkan.

“Pada Mei dan Juni akan diberikan Rp 600 ribu sekaligus. Tapi saya minta jangan diijonkan dan hanya untuk memenuhi kebutuhan pokok saja,” katanya.

Data penerima bansos sempat terkendala oleh bank. Hal ini dikarenakan nama yang tercantum pada data bank tidak persis sama dengan data milik Kementerian Sosial yang sudah padan dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

“Di bank itu nama minimal 3 huruf dan tidak berbentuk angka, seperti nama 'IT', NA70, namun untuk kesalahan minor lainnya masih bisa dikoordinasikan,” kata Risma.

Presiden Joko Widodo menginstruksikan kepada jajaran Kementerian Sosial agar mengakselerasi program perlindungan sosial.

Arahan Presiden disampaikan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam keterangan pers usai Sidang Kabinet Paripurna melalui Video Conference, di Jakarta, siang ini (05/07). Sidang Kabinet Paripurna menyinggung program perlindungan sosial di berbagai kementerian/lembaga sebagai antisipasi kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

Untuk Kementerian Sosial, Menkeu menyatakan, Presiden menginstruksikan untuk Program Keluarga Harapan (PKH) agar pencairannya dimajukan pada triwulan ketiga di bulan Juli.

Kemensos merespons instruksi presiden soal penyaluran bansos dalam periode PPKM Darurat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News