Respons Menyejukkan Kiai Ma'ruf soal Kasus Habib Bahar

Respons Menyejukkan Kiai Ma'ruf soal Kasus Habib Bahar
Calon Wakil Presiden (Cawapres) KH Ma'ruf Amin bersama Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto yang juga sekretaris Tim Kampanye Jokowi - Ma'ruf di Jakarta, Sabtu (1/9). Foto: TKN Jokowi-Ma'ruf for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menemui Calon Wakil Presiden (Cawapres) KH Ma'ruf Amin di rumahnya, Jalan Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (6/12). Dapam pertemuan itu, Hasto yang juga sekretaris Tim Kampanye Nasioanl Joko Widodo - KH Ma’ruf Amin (TKN Jokowi - Ma’ruf) sempat menanyakan kasus yang menjerat Habib Bahar bin Smith.

Hasto mengatakan, dirinya bertanya kepada Kiai Ma’ruf karena Jokowi bersama partai pengusung ataupun tim kampanyenya terus disudutkan. Menurut Hasto, mantan rais aam syuriah Pengurus Besar Nahdatul Ulama (PBNU) itu tak menyikapi soal Habib Bahar secara reaktif.

"Kiai, bagaimana ini tim kampanye kadang-kadang ada yang merasakan kami diserang terus,” ujar Hasto menirukan pertanyaannya kepada Kiai Ma’ruf. “Justru Kiai Ma'ruf kan memberikan sesuatu yang menyejukkan," kata Hasto usai pertemuan.

Seperti diketahui, Habib Bahar menjadi terlapor di Bareskrim Polri. Penceramah berambut gondrong itu diduga menghina Presiden Jokowi dengan kata-kata tak pantas.

Hasto menambahkan, Kiai Ma'ruf pada prinsipnya menginginkan semua rakyat bersatu. Ketua umum nonaktif di Majelis Ulama Indonesia (MUI) itu juga tak ingin rakyat terpecah belah menjelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

"Kiai mengatakan yang di sana (kubu Prabowo Subianto-Sandiaga S Uno, red) setiap hari kadang-kadang bicaranya keras, itu malah kemudian bergabung dengan Kiai Ma'ruf yang menyejukkan, yang merangkul," tutur Hasto.(tan/jpnn) 


Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengaku sempat bertanya kepada KH Ma'ruf Amin perihal kasus ujaran kebencian yang menyeret Habib Bahar bin Smith.


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News