RI - Inggris Tanda tangani Kerja Sama untuk Capai Target Indonesia's FOLU Net Sink 2030

RI - Inggris Tanda tangani Kerja Sama untuk Capai Target Indonesia's FOLU Net Sink 2030
Menteri LHK Siti Nurbaya dan Menteri Negara untuk Asia, Energi, Iklim, dan Lingkungan Hidup UK, Lord Goldsmith. Foto: Humas KLHK

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dan Inggris (UK) melalui the Foreign, Commonwealth and Development Office pada Sabtu (22/10/2022) bersepakat untuk menandatangani kerja sama di bidang lingkungan dan iklim, khususnya Indonesia's FOLU Net Sink 2030.

Kerja sama kedua belah pihak tertuang dalam MoU yang ditandatangani oleh Menteri LHK Siti Nurbaya dan Menteri Negara untuk Asia, Energi, Iklim, dan Lingkungan Hidup UK, Lord Goldsmith.

"Melalui MoU ini, kedua belah pihak bertujuan untuk membangun persahabatan yang lebih kuat, untuk mewujudkan aksi iklim yang nyata dan efektif di lapangan,” kata Menteri Siti Nurbaya seusai penandatanganan MoU di Jakarta, Sabtu (22/10/2022).

Lebih lanjut, Menteri Siti Nurbaya menyampaikan tiga tujuan dari MoU ini secara khusus yaitu: Pertama, mempromosikan kerja sama yang selaras dengan peran utama Indonesia dalam FLEGT UK VPA atau Forest Law Enforcement, Governance and Trade in Timber Products- Voluntary Partnership Agreement dan ambisi Indonesia untuk mencapai FOLU Net Sink pada tahun 2030.

Kedua, mempromosikan Sertifikasi Pengelolaan Hutan Lestari di Indonesia. Ketiga, meningkatkan kolaborasi dan berbagi praktik terbaik untuk memperkuat kapasitas pemangku kepentingan terkait.

"Setelah menandatangani MoU ini, saya berharap kita dapat bekerja sama dengan pemerintah Inggris untuk mendukung implementasi Rencana Operasional FOLU Net Sink 2030 Indonesia menuju pencapaian National Determined Contribution (NDC), khususnya melalui pengelolaan hutan lestari,” katanya.

Puji Kepemimpinan Internasional Indonesia

Menteri Negara untuk Asia, Energi, Iklim, dan Lingkungan Hidup Inggris, Lord Goldsmith, mengatakan bahwa Pemerintah Inggris memuji kepemimpinan internasional Indonesia dalam isu-isu iklim dan lingkungan.

KLHK dan Inggris (UK) melalui the Foreign, Commonwealth and Development Office bersepakat untuk menandatangani kerja sama di bidang lingkungan dan iklim.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News