Ribuan Pemudik Motor Padati Pelabuhan Merak

Ribuan Pemudik Motor Padati Pelabuhan Merak
Ribuan Pemudik Motor Padati Pelabuhan Merak

jpnn.com - CILEGON – Penumpang pejalan kaki dan kendaraan roda dua memadati Pelabuhan Merak. Para pemudik pejalan kaki tampak berjejalan memenuhi gangway di kawasan Pelabuhan Merak hingga Terminal Terpadu Merak (TTM). Mereka umumnya para penumpang yang akan menuju wilayah Jakarta, Bogor, Tangerang dan Bekasi (Jabotabek).

Dua unit bus bantuan dari Dishub Cilegon terlihat sibuk mengantarkan para penumpang dari Dermaga 4 dan 5 yang hendak menuju TTM.

“Jumlah penumpang para arus balik ini sudah mulai terlihat ramai. Sepertinya puncak arus mudik sudah dimulai,” kata Kepala UPTD TTM Dishub Cilegon Robbi Hidayat,  Sabtu (2/8).

Dia melihat tren kenaikan penumpang yang menggunakan bus dari TTM meningkat sejak H+1, atau Rabu (30/7). Katanya, pada H+1 jumlah penumpang arus balik sebanyak 8.166, jumlahnya bertambah pada H+2 yakni 10.814 dan H+3 semakin meningkat menjadi 17.740.

“Sabtu (2/8) ini kami belum merekap, tetapi secara kasat mata jumlah penumpangnya lebih banyak dari kemarin,” terangnya.

Selain penumpang pejalan kaki, ribuan kendaraan roda dua memenuhi jalur-jalur keluar dari sejumlah dermaga di Pelabuhan Merak. Gelombang kendaraan motor dalam jumlah besar tersebut juga memenuhi jalur protokol Kota Cilegon hingga Serang.

Humas PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak, Mario S Oetomo, memprediksi, puncak arus mudik diprediksi masih akan berlangsung hingga Minggu (3/8). Ini lantaran esok harinya semua instansi pemerintah, BUMN dan swasta sudah masuk bekerja.

“Selain itu, sekolah sudah mulai melakukan kegiatan belajar mengajar (KBM). Karenanya kami berkomitmen meningkatkan pelayanan kepada para penumpang yang hendak kembali ke tempat kerja setelah berlebaran di kampung halaman,” katanya.

CILEGON – Penumpang pejalan kaki dan kendaraan roda dua memadati Pelabuhan Merak. Para pemudik pejalan kaki tampak berjejalan memenuhi gangway

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News