Ribuan Siswa Nunut Sekolah

Aktivitas Gunung Sinabung Masih Tinggi

Ribuan Siswa Nunut Sekolah
Ribuan Siswa Nunut Sekolah

JAKARTA – Aktivitas tinggi gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumut, tidak hanya berdampak pada kehidupan dan perekonmian warga setempat. Pendidikan bagi ribuan anak pengungsi pun terkena imbas. Mereka terancam tidak bisa masuk sekolah berminggu-minggu karena sekolahnya tutup.

    

Mengantisipasi hal tersebut , Dinas Pendidikan Kabupaten Karo memutuskan untuk menitipkan mereka ke sekolah lain. ’’Catatan kami, ada 2.586 pengungsi yang berstatus pelajar SD hingga SMA,’’ terang Kepala Pusat data, Informasi, dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho kemarin.

    

Jumlah tersebut merupakan akumulasi anak pengungsi pada masa status Siaga (1.316 anak) dan tambahan pengungsi pada status Awas (1.540 anak). Mereka tersebar di 31 titik pengungsian di Kabupaten Karo, terutama di Berastagi dan Kabanjahe. Terdiri dari 1.579 pelajar SD, 835 pelajar SMP dan 442 pelajar SMA.

    

Menurut Sutopo, Dinas Pendidikan setempat menitipkan para pelajar ke sekolah-sekolah terdekat dengan lokasi pengungsian. Kebijakan tersebut dilakukan agar para siswa pengungsi tidak ketinggalan pelajaran. Terutama, siswa yang mengungsi sejak Sinabung berstatus siaga pada 3 November lalu.

    

JAKARTA – Aktivitas tinggi gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumut, tidak hanya berdampak pada kehidupan dan perekonmian warga setempat. Pendidikan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News