Ridwan Kamil dan Soekarwo Masuk Golkar, Elektabilitas Airlangga Akan Terdongkrak?

Ridwan Kamil dan Soekarwo Masuk Golkar, Elektabilitas Airlangga Akan Terdongkrak?
Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Waketum Golkar Ridwan Kamil. Foto: Partai Golkar

jpnn.com, JAKARTA - Konon elektabilitas Airlangga Hartarto bakal terdongkrak setelah Ridwan Kamil dan Soekarwo bergabung dengan Partai Golkar.

Ridwan Kamil merupakan gubernur Jawa Barat, sedangkan Soekarwo mantan gubernur Jawa Timur.

Pakar Komunikasi Politik Emrus Sihombing memprediksi bergabungnya dua tokoh daerah itu akan menaikkan elektabilitas Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

"Apakah akan meningkatkan elektoral daripada Airlangga? Secara hipotesis saya katakan, iya," kata Emrus di Jakarta, Sabtu (21/1).

Emrus menilai elektabilitas Airlangga bakal naik signifikan di Jawa Barat apabila Ridwan Kamil (RK) mengkampanyekan Airlangga di basis wilayahnya tersebut.

"Kalau memang RK mau mengkampanyekan Airlangga capres maka pengikut yang cinta atau yang senang dan militan terhadap RK akan cenderung mengikuti pesan yang disampaikan oleh RK," ujarnya.

Peningkatan elektabilitas Airlangga diyakini bakal terjadi di Jawa Timur karena Soekarwo adalah mantan gubernur dua periode.

Walakin, Emrus memprediksi lumbung suara akan terpecah karena yang saat ini menjabat sebagai gubernur Jawa Timur merupakan Khofifah Indar Parawansa.

Konon Ridwan Kamil dan Soekarno yang bergabung ke Partai Golkar bakal menaikkan elektabilitas Airlangga Hartarto selaku bakal Capres 2024.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News